Home > Artikel > Sudibyo Pr

Sudibyo Pr

Penulis: Beben Jazz

Sudibyo Pr. Lahir di Purwokerto 10 Maret 1930. Dikalangan teman-temannya, ia akrab di panggil Mas Dibyo. Sebagai Penyiar radio KLCBS (Radio Khusus Jazz) di Bandung, panggilannya adalah Mas Dib. Arsitek, Dosen dan Konsultan ini dikenal aktif sebagai orang belakang layar dalam berbagai kegiatan musik Jazz di Indonesia, terutama di Bandung.

Mengundang Tony Scott tampil di Gedung Leceum Bandung pada tahun 1960-an adalah peristiwa yang amat berkesan bagi Mas Dibyo. "bersama beberapa teman, kami mengumpulkan uang. Saya berangkat ke Surabaya menjemput Buby Chen, "katanya" mengenang peristiwa itu. Dari peristiwa di Bandung itulah hubungan musisi Jazz Indonesia dengan Tony Scott terus berlanjut. Hingga kemudian Tony Scott dan Indonesia All Star membuat album rekaman di Jerman dengan judul "Djanger Bali", tapi piringan hitamnya tidak beredar di Indonesia "saya beli di New York" kata Mas Dibyo sambil menunjukkan piringan hitamnya dengan gambar Cover Candi Burobudur.

Dibandung waktu itu Tony Scott tampil bersama musisi Jazz Indonesia antara lain Jack Lesmana, Eddy Karamoy, Bubi Chen, Benny Pablo, John Leipel dan Dolf Kornman. Teman dekat Sudibyo sesama penggemar Jazz adalah Indra Malaon, Mas Yos dan Tim Kantoso Danumiharja. Yang terakhir ini adalah orang perhotelan yang juga aktif sebagai penyiar yang khusus menyiarkan acara Jazz. Bersama Tim Kantoso pula Mas Dibyo pada tahun 1960-an selalu berhubungan dengan Tead Ashford, dari USIS Jakarta, untuk berbagai konser Jazz, terutama di Kampus-Kampus perguruan tinggi di Indonesia.

Mas Dibyo aktif pula sebagai pembicara dalam seminar Jazz yang diselenggarakan oleh lembaga dan Kampus Perguruan tinggi. Mas Dibyo memiliki koleksi piringan hitam yang jumlahnya 5.000 buah. Seluruh koleksi itu tersusun rapi dalam sebuah ruangan khusus di rumahnya di Kawasan Juanda Bandung. "Tadinya saya ingin jadi pemusik, tapi gagal. Jadinya ya mendengarkan saja," katanya seraya tertawa.

Suka halaman ini? Beritahu teman: