Home > Artikel > Thelonious Monk

Thelonious Monk

Penulis: Beben Jazz

Thelonious Sphere Monk, lahir di Rocky Mountain, North Carolina, pada tanggal 10 Oktober 1917, kemudian pindah ke New York. Sejak kecil beliau sudah belajar memainkan piano. Dia adalah salah seorang tokoh Bebop orisinil, bersama Dizzy Gilespie, Charlie Parker, yang memainkan dan mempelopori Bebop era-era awal dari mulai terbentuknya musik jenis Bebop tersebut. Aliran musiknya itulah yang membedakan Monk dengan musisi Jazz lainnya, yang saat itu masih cenderung memainkan Pakem Swing Jazz. Monk mulai belajar piano pada usia enam tahun, dan pada mulanya beliau belajar secara otodidak, kemudian akhirnya belajar secara formal pada Julliard University (salah satu universitas seni yang terkenal saat itu), dan beliau sempat juga belajar pada sesepuh2 Jazz, seperti Duke Ellington dll. Yang akhirnya kesemuanya itu membentuk karakter permainan beliau yang unik, ditambah lagi dengan karakter Monk sendiri yang memang sudah antik dan unik dari sananya. Dan selanjutnya beliau banyak belajar sendiri lagi. Pada usia 10 tahun Monk menjadi pemain Organ Gereja dan ikut Tour. Pada usia 17 tahun Monk mulai seperti musisi lainnya , mulai bekerja dan hidup dari bermain musik.

Tak banyak yang tahu latar belakang pengalaman musik Monk pada saat remaja. Namun orang langsung saja kagum dan tercengang melihat penampilannya di Minton's Playhouse. Di klub tersebut dan tempat lain, Monk sering ber Jam Session bersama Gillespie dan Clarke, dan kemudian melahirkan Bop. Adalah Coleman Hawkin salah satu musisi senior yang sering memberikan semangat dalam upaya Monk membina karirnya dalam dunia musik. Pada tahun 1944 Hawkin mengajak Monk untuk bermain bersama kelompok Band Pimpinannya di Fifty-second Street, dan pada tahun itu pula mereka bersama membuat rekaman. Pada tahun 1940 bersama Kenny Clarke juga bermain sebagai Home Band di Mintons Playhouse. Dua tahun kemudian bergabung dengan Vokalis Lucky Millinder Band, kemudian bekerja pula pada tahun 1944 bersama Coleman Hawkin, dan membuat rekaman seperti yang telah disebutkan diatas. Monk pertama kali membuat rekaman bersama band pimpinannya sendiri pada tahun 1947 dengan Produser Alfred Lion, dengan label Blue Note. Pada tahun 1950 juga membuat rekaman bersama Dizzy Gilespie, dan diperkuat juga oleh Charlie Parker.

Monk sebagai sosok pribadi, adalah orang yang aneh, misterius dan sangat jarang bicara, dan sepanjang hidupnya lebih banyak bermain dengan Band yang dipimpinnya sendiri. (hal ini mengingatkan saya dengan sifat salah satu komposer besar di dunia klasik Beethoven). Pada awal tahun 1970 -an dia menderita sakit yang cukup serius, hingga menyebabkan kematiannya pada tahun 1982.

Album yang pernah dihasilkannya antara lain:
Genius of Modern Music (Blue Note), Monk (Prestige), Pure Monk (Milestone), Monk/Trane (Milestone), Thelonius Monk in Person (Milestone), Monk Bigband and Quartet in Concert (Columbia). Dan ada satu Film Semi Dokumenter-nya yang sangat bagus untuk lebih dapat mengenal Monk yang berjudul (Straight no chaser) …

Suka halaman ini? Beritahu teman: