Home > Artikel > Country & Western Music

Country & Western Music

Penulis: Beben Jazz

Country and Western music adalah salah satu jenis musik populer Amerika yang berakar dari tradisi musik daerah selatan Amerika dan dipengaruhi oleh corak musik populer lainnya.Pada dekade '20, perusahaan rekaman dengan label "hillbilly" memproduksi musik yang ditujukan untuk pendengar kulit putih daerah selatan Amerika.Pemusik dari daerah setempat, seperti CARTER FAMILIY, merekam lagu-lagu balada dan lagu-lagu sentimentil dengan menggunakan teknik vokal pegunungan daerah selatan.Kemudian JIMMIE RODGERS menerapkan "YODELS", dan musiknya berorientasi pada blues.

Pada dekade '30, musik tersebut mencapai proses perkembangan dengan bantuan RADIO, ketika OLE OPRY Memenangkan SPOT NETWORK untuk seluruh AMERIKA. Dua aliran musik muncul pada dekade itu, yaitu WESTERN SWING yang menggabungkan unsur BLUES, JAZZ dan MUSIK POP dengan instrumentasi saxophone dan drum ke dalam musik yang berlandaskan instrumen biola tradisional.

Corak yang lain yaitu HONKY-TONK, menggunakan kelompok musik electric yang berkembang di pedalaman TEXAS dan OKLAHOMA. Musik ini mendapatkan popularitas pada perang dunia ke-2 dan NASHVILLE, TENNESSE, menjadi pusat pertunjukkan. Tokoh terkemuka jenis tradisi pegunungan adalah penyanyi ROY ACUFF, sedangkan dari corak HONKY TONK adalah ERNEST TUBB. Kemudian HANK WILLIAM mencampurkan kedua jenis musik tersebut

Ada 2 penyanyi penting dalam perkembangan country/western-music adalah PATSY MONTANA dan KITTY WELLS.

Semenjak tahun 1955 corak musik rock and roll di adaptasi, dan label HILLIBILLY berubah istilah menjadi COUNTRY and WESTERN. Sementara Country and Western terpengaruh popularitas dari musik rock and roll. Musik Hillibilly yang asli, dan mempertahankan ke originalitasnya disebut sebagai musik BLUEGRASS.

OLD-TIME

String-band/Millibilly music; country folk dari era ’20 dan ’30. Termasuk modern country dengan corak “OLD”, Doc Watson, Red Clay Rambler, Uncle Dave Macon.

TRADITIONAL COUNTRY

Kadang-kadang disebut juga dengan “hard country”, seperti dalam hardcore; “ the mainstream of country music”, dari jaman tahun ’20 dan ’30. Jimmie Rodgers dan Roy Acuff sampai George Jones, Merle Haggard, Randy Travis, George Straits, Loretta Lynn, Reba McEntyre, dan Risky Skaggs.

CONTEMPORARY COUNTRY

Adalah tradisional country yang telah cair, tetap mempertahankan penjiwaan dan “Country Sound”, tetapi lebih menarik untuk penggemar umum lebih luas, daripada corak hardcore country. Musisinya seperti The Judds, Steve Wariner, Garth Brooks …. Dll.

PROGRESSIVE COUNTRY

Performer pendobrak tradisi ke teritorial country yang baru, ada yang sangat inovatif, ada pula yang idiosinkratis. Musisinya seperti Mark O’ Connor, Willie Nelson, K.D Lang, Lyle Lovett.

COUNTRY POP

Musik “middle of the road” dengan warna country, bernuansa seperti tradisional country, tetapi di modifikasi dan dipermanis; menjadi “crossover” yang kebanyakan bersilangan dengan musik pop seperti musik: Kenny Rodgers, Mandrell Sisters, Gatlin Brothers, Glen Campbell, Anne Murray. Percampuran, Peleburan dengan musik rock, atau dimasukkannya unsur rock kedalam musik country tersebut.
Charlie Daniels, Alabama, Travis Tritt, Hank William Jr.

WESTERN SWING

Sering disebut sebagai sub-kategori musik country yang kompleks, musik ini berkembang pada akhir dekade ’30 dibelahan “South-west” Amerika dan mencakup berbagai jenis musik termasuk, swing jazz, polka, fiddle music, blues cowboy songs. Musisinya seperti Bob Wills, Bill Boyd, Asleep at the Wheel.

COWBOY

Lagu-lagu romantis yang dinyanyikan oleh cowboy dan cowgirl dengan busana “rhinestone” dan “stetsons”. Musisinya seperti Roy Rodgers, Gene Autry, Patsy Montana, Sons of the Pioneers, Tex Ritter, dan Riders in the Sky.

INSTRUMENTAL

Musik country tanpa vokal, sementara awal era country, musik lebih menampilkan biola dan banjo, musik country kontemporer lebih mengutamakan gitar elektrik dan gitar pedal-steel.

COUNTRY HUMOR

Sejak awal perkembangannya, komedi adalah bagian dari musik/musik country. Musisinya seperti Grandpa Jones, Roy Clark, Homer and Jethro, the Geezinslaws, Ray Stevens.

GOSPEL

Corak yang sangat essential dalam country music, yaitu musik religius yang telah menghidupkan semua jenis musik country dan secara tradisional telah menjadi repertoar standar dari performer musik country seperti: Tennessee Ernie Ford, Lewis Family, dan Bluegrass Bands.

Suka halaman ini? Beritahu teman: