Home > Artikel > Gospel Music

Gospel Music

Penulis: Beben Jazz

Terminologi ini muncul, semenjak “Thomas A. Dorsey menciptakan sebuah lagu religius yang pertama berjudul “IF YOU MY SAVIOR” Pada tahun 1920.

Gospel lahir di Gereja Protestan dari kalangan perbudakan orang-orang Afrika yang bekerja di Perkebunan. Mereka membawakan musik Southern Folk, Protestan Hymne/Pantekosta dan ibadat Gereja Eropa serta tradisi Afrika dan Spiritual Negro (bukan lagu-lagu religius, tetapi lagu-lagu yang mengandung kekesalan hati, seperti …“Nobody Knows the trouble I’ve Seen”. Perpaduan unsur-unsur budaya ini melahirkan musik Black Gospel yang Khas.

Pada awal perkembangannya, Gospel terbilah bilah di antara kelompok kesukuan; Gospel daerah Selatan Amerika atau Southern Gospel, identik dengan orang kulit putih. Dan Ketika itu juga Black Gospel mulai berkembang dengan coraknya tersendiri, didaerah yang sama. MAHALIA JACKSON adalah penyanyi terkemuka saat itu.

Pada dekade ’50 terbentuk percampuran lebih luas dari Gospel, Folk, dan corak musik Blues, kemudian menjadi fondasi musik dari ROCK and ROLL. Elvis Presley, Jerry Lee Lewis, dan Litle Richard adalah beberapa pemusik yang memiliki latar belakang gospel yang kuat. Kemudian mereka menjadi populer setelah memasuki arena musik sekuler. Pada akhirnya Musik Gospel berlanjut secara mandiri dan melahirkan berbagai corak.

BLACK GOSPEL

Terminologi ini berhubungan dengan popularitas TOMMY DORSEY “Precious Lord”. Black Gospel, biasanya dikategorikan sebagai musik tradisional yang ber-orientasi pada Choir. Mahalia Jackson, Clara Ward Singers, James Cleveland dll.

CONTEMPORARY CHRISTIAN MUSIC

Musik jenis ini menampilkan warna yang lebih Funky dan elemen musik yang lebih keras, sering sekali bernuansa soft-rock. Beberapa artisnya a.l : Amy Grant, Michael W. Smith, & Bebe & Cece Winans.

HEAVEN’S METAL

Heavy Metal berjumpa dengan Lyric Gospel, adalah definisi yang tepat untuk kategori musik gospel ini. Alur bass yang kuat, amplikasi riff gitar elektrik dan stell druming Stryper, Bloodgood dan the Latter-Day Petra adalah beberapa contoh Performer kategori musik ini.

INSPIRATIONAL

Bukan seperti musik persilangan dalam dunia musik pop, easy listening, atau adult contemporary, jenis musik ini menekankan string dan orkestra yang megah. Dalam kategori ini termasuk, Sandi Patti, Dallas Holm & Dino.

JESUS ROCK

Corak White, musik kontemporer yang populer pada dekade ’60 dan ’70, berhubungan langsung dengan gerakan ideologi Jesus. Para pionernya membawa elemen R & B, Rock & Roll kedalam pujian-pujian. Artis-artis-nya antara lain: Larry Norman dan Randy Stonehill.

QUARTET SINGING

Berlandaskan pada corak “barbershop quartet” dengan lirik gospel, para penampil dari Black Gospel tradisional atau southern gospel membawakan musik dengan aransemen vokal “four – part harmony”.

SOUTHERN GOSPEL

Adalah corak musik gospel yang berlandaskan pada steel dan rhythm guitar. Mereka mengambil warna bluegrass, blues dan hillibilly. Kelompok Southern gospel cenderung menggunakan “four-part harmony, dengan tenor dan baritone yang kuat, contohnya : The Happy Goodman, the Speers, dan Gold City.

SPIRITUAL

Seni berbentuk gospel yang diangkat dari Negro spirituals dan tradisi blues. Musik ini bercirikan “Wailing” atau jeritan vokal suara yang khas, contoh-nya: Inez Andrew dan Shirley Caesar.

STREET POETRY

Terminology ini tidak jelas, apakah berkembang dari lingkungan Kristen, akan tetapi musisi “rap” Kristen lebih cenderung mengkategorikan jenis musik ini kedalam musik rap. Musik ini menampilkan musik funk dan corak urban “rap” dengan “Christian Lyrics”.

Suka halaman ini? Beritahu teman: