Home > Artikel > Rock n Roll Music

Rock n Roll Music

Penulis: Beben Jazz

Istilah ini muncul di tengah tahun 50-an, seperti merek untuk musik “Rhythmn & Blues” Yang bersifat lebih populer (dan lebih komersial !). Bahkan khusus untuk generasi muda “rock & roll” biasanya diartikan seperti sintesis antara Blues, Country, dan musik ballada (terutama dari orang kulit putih). Ada berbagai dugaan bahwa istilah ini dicipta secara spesifik supaya unsur ras, status atau situasi sosial kurang terlihat. Harus diketahui bahwa istilah “Rhythm & Blues”, selalu mengarah kepada kaum negro, sedangkan “Country” mengarah kepada orang cowboy yang berkulit putih, dan populer musik kepada orang kulit putih dsb.

Bagaimanapun, yang penting adalah mitos dan peranan “Rock & Roll”, seperti musik yang khas untuk remaja. Seperti suatu ajang untuk gaul, dan menjadi gaya hidup tersendiri. Disini barangkali terletak kepentingan historisnya, sebab musik populer tahun 60’ an hingga saat ini, hanya bisa dipahami, kalau peranannya sebagai “budaya remaja” (antara lain sebagai bentuk protes terhadap generasi orang tuanya) diperhatikan sepenuhnya.

Dalam hal ini, “Rock ‘n Roll” merupakan aliran pertama yang harus dinilai seperti “budaya remaja”, sehingga peran idola-idola, cara penampilan, gaya hidup para Bintang musik ini, menjadi sangat penting/hal yang perlu diperhatikan (dibandingkan dengan peranan serta fungsi musik populer sebelumnya). Sampai hari ini, tokoh tokoh seperti Elvis Presley, Jerry Lee Lewis, Chuck Berry, Buddy Holly dan juga Bill Haley masih tetap laris sebagai idola generasi muda, bahkan secara bergelombang muncul semacam “revival” citra mereka (aspek nostalgia).

Seperti hal-nya istilah Jazz, rock & roll pada dasarnya adalah bahasa halus (eufemisasi) untuk hubungan seksual. Rock menekankan ritme, suara instrument yang kasar dan tema lirik bercinta, melandasi corak seksualitas dan duniawi. Secara musikal rock & roll melepaskan diri dari blues, R&B dan dari warna pop, folk country. Seperti R&B, “Groove” atau irama rock & roll ditujukan untuk pesta-pesta. Contoh: Chuck Berry, Bob Seger, dan Bruce Springteen, … dll

ROCKABILLY

Rockabilly adalah perkawinan antara hillibilly country dan delta blues. Rockabilly pertama kali diungkapkan pertama kali di Sun Studios di Memphis, Tennesse, sekitar pertengahan dekade ’50. Jenis musik ini biasanya dimainkan oleh kelompok kecil yang terdiri dari akustik bass, elektrik ritem gitar, drum set yang minim dan akustik gitar. Dengan tambahan corak vokal yang disertai sedakan, dan gagapan. Contoh: Elvis Presley, Jerry Lee Lewis, Gene Vincent, Wanda Jackson, Eddie Cohran, dan yang agak lebih modern era ’80, grop Stray Cats.

Suka halaman ini? Beritahu teman: