Home > Artikel > Blues

Blues

Penulis: Beben Jazz

Blues adalah musik tradisional di Amerika yang paling emosional di antara semua musik sekuler abad ke 20. Musik Blues berevolusi di daerah Selatan Amerika pada sekitar awal abad 20 dari musik spiritual, lagu-lagu pekerja dan country dance instrumental yang dinyanyikan oleh imigran Afrika di Amerika. Pada awal perkembangan blues yang beragam dalam lirik dan struktur musiknya, penyanyi biasanya memainkan gitar dan harmonika. Misalnya Blind Lemon Jefferson dan Leadbelly (Huddie Ledbetter). Semenjak publikasi lagu “Memphis Blues” oleh W.C Handy pada tahun 1912, blues memasuki arena musik populer.

Musik Blues menjadi terkenal pada era ’20 dan ’30 melalui penyanyi blues kenamaan Ma Rainey, Bessie Smith dan lainnya. Lirik dan struktur blues distandarisasikan, dan penyanyi di iringi jazz band atau piano. Blues di adaptasi pada piano solo, menjadi corak Boogie-Woogie. Blues dan Jazz berkembang saling melengkapi dan sulit dipisahkan, sehingga Blues dianggap sebagai bentuk awal dari Jazz. Namun pada awalnya musisi musisi Jazz telah mempopulerkan blues dan kemudian blues berkembang secara mandiri, demikian juga dengan Jazz.

Pada dekade ’40 penyanyi T-Bone Walker dan Louis Jordan tampil bersama big-band atau kelompok yang terdiri dari gitar elektrik, bass akustik, drums dan saxophone, organ elektrik juga mulai digunakan. Setelah dekade ’50, B.B King, Ray Charles dan yang lainnya menggunakan teknologi gitar elektrik yang lebih canggih, suara elektrik bass yang lebih keras dan instrumen brass menggantikan saxophone.

Perusahaan rekaman menerapkan terminologi “rhythm” and blues, kemudian soul dan musik non-blues di dalam aliran atau corak “Urban” blues. Sepanjang perkembangan musik blues, telah melahirkan berbagai corak musik blues mewakili kedaerahan dan kesukuan hingga masa kini.

Blues Genre

Classic Female Blues

Rekaman musik blues yang pertama menampilkan materi penyanyi yang berhubungan erat dengan musik pop era pertengahan ’20 dan awal ’30 dan dilatarbelakangi oleh music jazz. Bintang-bintang dari jaman ini adalah Mimie Smith, Bessie Smith, Ma Rainey, Licille Bogan dan Victoria Spivey.

Delta Blues

Delta blues disebut juga Mississippi blues, adalah corak paling awal musik blues yang didominasi instrumen gitar dalam recording. Umumnya terdiri dari penampilan solo, juga ada yang menggunakan format string-band atau combo, keduanya menjadi cikal bakal blues band. Tokoh-tokoh delta blues antara lain : Charlie Patton, Robert Johnson, dan Son House.

Country Blues

Terminologi ini mencerminkan kedalaman dan keluasan musik blues yang didominasi instrumen gitar, mencakup berbagai corak kedaerahan (Piedmont, Atlanta, Chicago, ragtime, folk, dll.). Umumnya mengutamakan gitar akustik, tetapi beberapa performer beralih ke gitar elektrik tanpa mengubah corak bermain. Pemusik-pemusik country blues antara lain : Henry Thomas, Lonnie Johnson, Blind Blake dan Tommy Johnson.

Memphis Blues

Ada dua bentuk Memphis-blues yang berbeda yaitu “the Jug band (jenaka, blues corak jazz yang dimainkan dengan peralatan “homemade”) dan format dengan gitar solo dan ritem, tradisi yang kemudian berlanjut menjadi blues-band modern. Versi lain pada sekitar Perang Dunia II yaitu versi elektrik dari Memphis blues menampilkan permainan gitar yang eksplosif, energetik drums dan vokal yang ekspresif. Musisi-musisi Memphis blues kenamaan misalnya : Cannon’s Jug Stompers, Furry Lewis, Memphis Minnie dan rekaman awal B.B. King dan Howlin’Wolf.

Texas Blues

Corak ini ditandai oleh warna “swinging” dan permainan yang lebih santai dari pada corak lainnya. Pada awalnya, versi akustik mencakup biduanita dan tradisi country-blues, sementara corak elektrik menampilkan permainan jazz-solo yang didukung brass-section. Pemusik-pemusiknya : Blind Lemon Jefferson, Lightnin’ Hopkins, Clarence “Gatemouth” Brown dan T-Bone Walker.

Chicago Blues

Delta blues menggunakan amplifikasi/peningkatan secara total dan menerapkan format kelompok kecil. Permutasi corak selanjutnya mengambil contoh dari permainan gitar solo B.B. King dan T-Bone Walker. Pemain-pemain kenamaan dari Chicago blues antara lain : Muddy Waters, Howlin’ Wolf, Little Walter, Big Walter Horton, Jimmy Rodgers, Elmore James, Jimmy Reed, Otis Rush, Magic Sam dan Buddy Guy.

Jump Blues

Musik jenis ini berirama cepat dan berkonteks jazz, biasanya menampilkan vokal, mengambil bentuk orkestra dan tidak terlalu mementingkan gitar. Beberapa musisi jump-blues misalnya : Amos Milburn, Johnny Otis, Roy Brown, Wynonie Harris dan Big Joe Turner.

New Orleans Blues

New Orleans Blues lebih mengutamakan piano dan brass dan dijiwai ritme Carabia, atmosfir pesta dan bertopang pada barisan musik Dixieland. Pemain-pemain utamanya : Professor Longhair, Gitar Slim dan Snooks Eaglin.

West Coast Blues

Lebih cenderung pada piano dan pengaruh jazz daripada lainnya, corak West Coast juga mencakup pemain gitar Texas Blues dan dari aliran Jump Blues. Musisinya : Charles Brown, P.W. Crayton, Lowell Fulson, Percy Mayfield.

Piano Blues

Piano blues menampilkan keseluruhan mulai dari ragtime, boogie-woogie, corak West Coast dan irama keras Chicago blues, musisi utamanya : Big Maceo, Merriweather, Leroy Carr, Sunnyland Slim, Roosevelt Sykes, Albert Ammons dan Otis Span.

Louisiana Blues

Jenis lebih ringan, “laidback” dan versi perkusif dari Chicago blues. Teknik produksi rekaman ini menggunakan efek gema dan reverberasi yang intensif, sehingga menghasilkan karakter yang khas. Pemain-pemain penting antara lain : Slim Harpo, Lightnin’ Slim dan Lazy Lester.

R&B/Soul Blues

Dengan format yang lebih modern, corak ini menggabungkan unsur-unsur Black Popular Music (R&B dari era ’50 dan corak Southern soul dari pertengahan ’60) menjadikan warna musik “urban blues” tersendiri.

Modern Acoustic Blues

Pemain-pemain musik modern menghidupkan kembali corak country dan blues yang terdahulu, misalnya Johnny Hammond, Rory Block, John Cephas, Taj Mahal dan rekaman awal Bonnie Raitt.

Modern Electric Blues

Corak musik ini menduplikat corak yang terdahulu, kemudian ditampilkan ke dalam musik kontemporer. Musisi utamanya antara lain : Stevie Ray Vaugahn, the Fabulous Thunderbirds, Robert Cray dan Roomful of Blues.

British Blues

Istilah tersebut lebih daripada hanya pengertian regional yang khas, corak British menduplikat blues Amerika dengan kekaguman terhadap pemusik-pemusik blues aslinya. Nama-nama utama corak British Blues misalnya : Alexis Korner, John Mayall dan rekaman awal Fleetwood Mac dan the Rolling Stones.

Piedmond Blues

Karakteristik Afrika-Amerika umum mewakili daerah (Piedmont) yang luas membentang dari Georgia, Carolina, Virginia, Florida, Maryland dan Delaware. Corak Blues ini ditandai oleh permainan gitar “finger-picking” yang kompleks dengan synkopasi ritem yang dominan dari penggabungan unsur-unsur tradisi blues, ragtime, dan country dance-songs. Musisi-musisinya termasuk : Blind Blake, Gary Davis, Pink Anderson, Blind Boy Fuller, Buddy Moss, John Cephas, John Jackson, juga pemain-pemain harmonika : Sonny Terry dan Phil Wigins.

Suka halaman ini? Beritahu teman: