Home > Artikel > Bab 01 Introduksi Seni Musik

Bab 01 Introduksi Seni Musik

Penulis: Beben Jazz

MARI KITA MULAI SAJA

Apakah Seni Musik itu ?

Kalau kita di Tanya, apakah intisari dari Seni Musik itu sendiri sebenarnya ? mungkin banyak sekali jawaban yang akan timbul, dan berbagai pendapat yang dikemukakan mengenai pertanyaan tersebut diatas. Yang pasti memang Musik adalah salah satu anugrah yang diturunkan oleh sang Pencipta diatas dunia ini, yang benar-benar dapat membuat hidup ini menjadi lebih berwarna. Dan kembali pada pertanyaan diatas, sebenarnya Intisari dari Seni Musik itu sendiri adalah, suatu seni memindahkan nada-nada atau not-not sehingga menjadi Harmonis. Apakah sesederhana itu ? Memang definisi tersebut hanya memandang dan mengacu pada kenyataan yang terjadi dalam proses bermain suatu alat musik, karena instrumen apapun yang kita gunakan, baik itu melalui suara atau mulut, gitar, piano dan alat lainnya, pada hakekatnya yang dilakukan oleh para pemain musik tersebut melalui instrumen musik adalah: proses pindah memindahkan not dengan tujuan tertentu melalui alat yang digunakan.Vocalist dengan suaranya untuk bernyanyi, atau ber scat singing, gitaris dengan jari jemari-nya yang memainkan not tema lagu, memetik, ataupun ber-explorasi dengan Improvisasi seperti pada gitaris jazz, demikian juga dengan pianis dan alat musik lainnya. Setuju ? itulah kenyataannya. Dan pendapat Seni Musik adalah seni bermusik, atau seni bermain musik juga tidak bisa disalahkan, namun pendapat tersebut terlalu umum dan luas makna-nya.

Tetapi ternyata proses menjalin not demi not, nada demi nada supaya menjadi harmonis dan sesuai dengan tujuan dimaksud ternyata tidaklah sesederhana itu, meskipun juga bukan suatu hal yang sulit sekali. Tapi yang pasti seseorang kadang untuk benar-benar dapat memahami seni musik dan benar-benar nantinya dapat menjalin suatu nada dengan nada lainnya sampai menjadi indah itu butuh proses yang kadang cukup lama juga. Ada yang harus sampai menekuninya lewat proses akademis, yang cukup lama juga, meskipun ada juga yang melakukan prosesnya tanpa proses akademis. Kendati demikian, baik yang melalui jalur akademis, maupun tidak, semuanya pasti melalui suatu proses yang namanya belajar, belajar dan belajar, baik melalui buku, guru, mendengar dan lain sebagainya, akademis/non akademis.

Dan secara logika sederhana, untuk dapat menyusun jalinan not menjadi harmonis dan indah, seyogya-nya orang tersebut sebaiknya dapat mengenal not dengan baik. Karena dengan mengenal not lebih jauh proses penyusunan not menjadi indah tersebut, lebih dapat terbantu, dan tentunya juga tetap hal yang berkaitan dengan hal rasa tidak dapat di kesampingkan, karena hal rasa juga memiliki peranannya tersendiri.

Apakah yang dimaksud dengan mengenal not ?

Seperti yang telah diutarakan diatas, satu faktor yang penting untuk dapat menyusun dan menjalin not menjadi indah adalah dengan dapat mengenal not dengan baik terlebih dahulu. Atau dengan kata lain, pemain musik yang lebih mengenal not lebih baik, punya kecenderungan akan dapat lebih baik dan cepat dalam menyusun not demi not menjadi Harmonis.

Kembali pada pertanyaan diatas, apakah yang dimaksud dengan mengenal not itu ? Hal tersebut dapat di umpamakan sama seperti kita ingin mengenal seseorang misalnya: paling tidak setelah terjadi proses perkenalan, kita akan tahu :

1. Namanya

2. Rumah-nya, no. telphone

dan setelah kita kenal lebih jauh kita akan juga dapat mengetahui

3. Sifat-nya

… dan hal lain sebagainya mengenai teman baru kita tersebut, sehingga kita makin mengenalnya dengan segala sesuatu yang ada pada orang tersebut sifat baik, maupun buruknya ataupun apa yang dia suka maupun apa yang dia tidak suka, hal-hal tersebutlah yang akan membuat kita jadi mengetahui hal apa yang akan kita lakukan untuk menjadi sahabat terbaiknya, sehingga niscaya nantinya kita dan orang tersebut akan terjalin suatu persahabatan yang harmonis.

Demikian juga dengan mengenal not paling tidak kita sebaiknya tahu

1. Nama not atau chord tersebut apa, kemudian

2.Letak not tersebut pada fretboard guitar dimana serta penulisannya pada notasi

dimana, selanjutnya lebih jauh dan dalam lagi kita akan sampai

3. mengenal bunyi serta nuansa yang timbulkan dari not, interval, chord tersebut.

Ilustrasi … penjelasan dari ke-3 point tersebut diatas …

Ilustrasi dengan Not …

Misalnya saya sebut, not Eb … pernahkan anda mendengar-nya ? kalau pernah berarti anda sudah memenuhi point 1 (tahu namanya), kemudian tahukah anda dimana saja lokasi not Eb tersebut pada Fretboard gitar misalnya, dan menunjukkan serta memegang secara cepat not tersebut ? kalau hal ini sudah dapat anda lakukan berarti anda sudah memenuhi point 2 (tahu lokasinya). Kemudian anda dapat meningkat ke point 3. Pada point 3 anda dapat mengujinya dengan cara, meminta rekan anda untuk membunyikan not tersebut, lalu anda menebaknya, dan tentunya anda tidak boleh melihat jarinya, Kalau hal tersebut juga sudah dapat anda lakukan, selamatlah, anda berarti sudah benar-benar mengenal not dengan sangat baik. Mungkinkah itu ? apakah mendeteksi bunyi not tersebut adalah sesuatu yang mustahil ? apakah anda memang benar-benar harus sangat berbakat ? Ternyata berdasarkan pengalaman penulis, hal tersebut dapat dicapai oleh semua orang dan tidak membutuhkan mukjizat. Yang dubutuhkan hanyalah KEMAUAN KERAS, KERJA KERAS. Dengan latihan EAR TRAINING yang intensive, proses mengenal bunyi dapat dicapai. Dan Point 1 dapat dengan mudah kita ketahui jika kita mempelajari Teori Musik, Dan Point 2 kita bisa latih dengan latihan ketrampilan pada alat Musik (Major).

Dunia musik sama dengan dunia lainnya, untuk Sukses tidak ada yang Instan. Sukses sangat membutuhkan kemauan Keras, Konsisten, serius dan sekali lagi harus tekun dan bersungguh sungguh, bakat bukan segalanya. Dan terbukti orang yang sukses adalah tidak selalu orang yang paling berbakat, tetapi yang pasti adalah orang yang sangat bersungguh-sungguh berusaha untuk Sukses.

Ilustrasi dengan Chord …

Sama dengan pada Not, misalnya saya sebut Chord Cdim7 … pernahkah anda mendengarnya ? mengetahui bentuknya, Lokasi nya pada Gitar ? kenal bunyinya ? Kalau anda tidak tahu semuanya, niscaya pasti anda akan tidak pernah menggunakannya, karena anda benar benar tidak kenal Chord tersebut. Padahal kalau anda kenal dan menggunakannya, bisa jadi dengan disisipkannya chord tersebut kedalam karya anda ternyata bisa dapat lebih memperindah lagu dan efek lainnya pada lagu yang tak terduga, semua mungkin bukan ? dan yang terpenting … Jangan pernah berhenti untuk BELAJAR.

Sulitkah proses mengenal Not, Chord tersebut ? atau seberapa penting dan seberapa haruskah kita mengenal dan menguasai segala sesuatu yang berkaitan dengan not tersebut ? Untuk menjawab sulit tidak-nya yang pasti proses tersebut bisa dipelajari secara bertahap, dari mulai mempelajari-nya secara teori, sampai dengan proses mengenal bunyi dengan latihan Ear Training yang intensif, dan selanjutnya tinggal masalah waktu dan kerja keras saja, pasti hal tersebut dapat dicapai… Semua bisa dipelajari Bukan. Dan masalah harus atau tidak harus, anda dapat menentukannya sendiri, Tapi yang pasti tahu akan lebih baik, lebih kenal ilmu music akan sangat membantu pekerjaan anda sebagai seorang musisi. Dan berdasarkan pengalaman penulis serta penuturan dari beberapa praktisi, bagi orang yang benar-benar ingin mempelajari musik secara serius, apalagi memang orang tersebut akan hidup dari bermain musik, hal ini menjadi wajib hukumnya. Karena dengan benar-benar mengenal not, mempelajari ilmu musik akan sangat membantu sekali dalam proses pemilihan not yang tepat sesuai dengan yang kita inginkan. Pada saat kita menginginkan nuansa yang riang, kita akan tahu chord apa yang akan kita gunakan, berikut Progression Chordnya, serta rangkaian not apa yang akan kita pilih, dan pada saat kita membutuhkan nuansa yang sedih juga kita tahu rangkaian not apa yang akan kita pilih. Karena kita makin chord, makin kenal nol, dan kenal Musik dan Ilmunya. Dan Pengetahuan tentang Ilmu musik tersebut juga akan dapat membuat kita menjadi lebih yakin dalam bermain. Sekali lagi faktor rasa juga tetap pegang peranan dalam hal ini, dan memang paduan yang baik untuk seorang pemain adalah perpaduan antara kepekaan rasa dengan pengetahuan teori musik yang baik.

Setelah kita membaca uraian diatas, metode latihan selanjutnya yang harus kita lakukan adalah, bagaimana kita dapat mengenali not-not, chord tersebut dengan baik, dan tentunya ditunjang juga dengan pengertian akan teori dasar musik yang baik. Melalui buku musik yang kami ketengahkan oleh ini, kita akan bekerjasa-sama, sharing mengenai tujuan tersebut.

Dalam penulisan awal buku musik ini, penulis lebih banyak mengetengahkan sisi musik dari pengertian dan philosofy terlebih dahulu, sebelum kita benar-benar masuk kedalam sisi teori maupun praktek. Dan perlu juga diketahui pokok bahasan kita nantinya lebih mengacu atau menuju pada musik dari sisi Ilmu Musiknya itu sendiri, berkenaan dengan hal ilmu Harmoni, dan penerapannya pada Gitar, salah satu Instrumen yang cukup Populer di negeri tercinta ini. Tetapi bukan berarti dari sisi harmoni ilmu tersebut tidak bisa diterapkan pada instrumen lainnya, pilihan Gitar lebih kepada melihat dari sisi kemudahan, effisiensi, dan hal lainnya, Gitar mungkin lebih mudah terjangkau, dan lebih mudah dibawa kemana-mana, dan kebetulan background penulis juga bermain gitar. Dan secara Ilmu Harmoni, baik pada Gitar, maupun Piano misalnya ataupun instrumen lain, kalau bicara mengenai Interval, Chord, dan Tangganada misalnya, tentunya berlaku pengertian yang sama, hanya pada sisi praktek-nya saja yang diterapkan pada instrumen berbeda.

Suka halaman ini? Beritahu teman: