Home > Artikel > Bab 05 Empat Dasar Pembentukan Chord Triad

Bab 05 Empat Dasar Pembentukan Chord Triad

Penulis: Beben Jazz

Para pembaca masih ingat ?

Jika di ibaratkan interval adalah seperti sebuah suku kata, Chord adalah sebuah Kata “Chord=Kata” ilustrasi nya jika kita sedang mempelajari sebuah bahasa.

Ilustrasi:

C-E adalah interval Major 3, E ke G Adalah interval minor 3, jadi jika kedua interval itu digabung Major 3 + Minor 3, akan menghasilkan sebuah chord Major Triad, dalam hal ini contohnya Chord C.

Sebelum kita masuk membahas chord lebih jauh, kita harus mengetahui terlebih dahulu, apa definisi dari Chord.

Chord:

Chord adalah , 3 not atau lebih yang dibunyikan secara harmoni (berbarengan/bersamaan)

Sebagai awal yang kita bahas kali ini adalah Chord Triad (chord yang terdiri dari 3 not), dan Chord yang terdiri dari 3 not, memiliki 4 bentuk yaitu :

4 BASIC TRIAD

4 pembentukan dasar tersebut adalah sebagai Berikut:

Major:

Gambar:

Minor:

Gambar:

Diminished:

Gambar:

Augmented

Gambar:

Rumus Chord Triad:

Major 1 3 5

Minor 1 3b 5

Dim 1 3b 5b

Aug 1 3 5#

Dengan kita mengetahui bagaimana asal sebuah chord terbentuk, mengetahui rumusnya. Akan sangat membantu kita dalam hal mengembangkan chord, dan berdampak pula pada variasi dalam memainkan sebuah lagu. Dan kita tidak tergantung pada bentuk bentuk chord yang kita sudah hapal saja, kita bisa mengembangkan seluas luasnya yang sekali lagi hanya dibatasi oleh imajinasi dan kreatif kita. Karena didalam buku Guitar Chord Encyclopedia terbitan Alfred, tidak kurang bentuk C saja ada 28 buah. Begitu banyak intro lagu terkenal, misalnya : Michele - the Beatles, Still Loving You – Scorpion dll. Menjadi begitu khas dan memiliki daya tarik sendiri, karena variasi yang dilakukan oleh si pembuatnya yang sangat mengerti ilmu pembentukan chord ini. Hayo kuasai ilmu nya lalu kembangkan kreatifitas dan imaginasi anda.

Contoh:

Gambar chord Triad di gitar

 

Gambar Etude Triad

Suka halaman ini? Beritahu teman: