Home > Artikel > Bab 06 Chord Inversion

Bab 06 Chord Inversion

Penulis: Beben Jazz

Dimateri yang sebelumnya kita telah membahas mengenai 4 dasar pembentukan TRIAD (Chord yang terdiri dari 3 not)/ “four basic triad”, kali ini kita akan membahas mengenai Chord Inversion atau kalau diartikan secara sederhana saja “pembalikan chord”, apa nya yang dibalik ? yang dibalik adalah susunan not pembentukan chordnya.

Sebagai contoh:

C (triad), yang susunan not pembentukannya adalah:

C E G ini disebut posisi root

E G C ini disebut posisi Inversi I (Pertama)

G C E ini disebut posisi Inversi II (Kedua)

Contoh Gambar: (Notasi)

Apa perlunya Inversion ?

Ternyata dalam praktek nya, inversion didalam dunia musik yang kaya akan berbagai nuansa sangat dibutuhkan, terutama memang peranan chord sebagai salah satu dasar pembentuk nuansa sangat besar peranannya. Dan kadang jika kita memegang sebuah chord pada gitar misalnya dengan selalu hanya menggunakan posisi root saja, akan terasa monoton/begitu2 saja, dan jika anda suatu ketika mau mencoba mempraktekkan chord inversion ini, jangan heran kalau anda akan mendapatkan kejutan2 dari nuansa yang baru tercipta dari chord inversion ini, padahal dari sebuah chord yang sama. Dan dengan inversion ini dapat membuka peluang kita untuk memegang sebuah chord dengan lebih banyak variasi lagi, percaya kah anda, pada sebuah gitar anda dapat memegang chord C sampai dengan 25 posisi ? Dan bukan tidak mungkin hal ini dapat memberikan inspirasi baru bagi musisi khususnya. Cobalah chord inversion ini, niscaya anda akan mendapatkan kegunaan-kegunaan lainnya, yang dapat memperkaya komposisi anda …

Catatan:

Teori-teori dasar yang terdapat didalam klinik musik sound up ini, dapat dipraktekkan untuk beberapa jenis musik, seperti gitar, piano, dan beberapa alat harmoni lainnya. Memang di jelaskan sangat global, dan tidak mengacu untuk dipraktekkan untuk satu alat musik saja. Dan jika ada pertanyaan seputar teori/klinik musik, silahkan kirim pertanyaan anda ke redaksi majalah sound up.Terima kasih.

Suka halaman ini? Beritahu teman: