Home > Artikel > Bab 07 Tujuh Dasar Pembentukan Chord Yang Terdiri Dari 4 Not

Bab 07 Tujuh Dasar Pembentukan Chord Yang Terdiri Dari 4 Not

Penulis: Beben Jazz

Di Inggris, Eropa biasa disebut 7 basic 4 not Chord. Dan di Amerika biasa menyebutnya dengan Seven Chord, karena dari Chord Triad di tambahkan not ke 7 nya.

"Maksud dari not ke 7 adalah sebagai berikut:
Contoh pada nada dasar C Major,

C D E F G A B
1 2 3 4 5 6 7

Saat membentuk Chord C Triad, kita hanya membutuhkan not C E G, dan saat kita ingin membentuk Chord CMaj7, kita perlu menambahkan 1 not lagi yaitu not B (Not ke 7), sehingga secara keseluruhan chord CMaj7 akan berisi not C E G B"

Jadi setelah kita mengenal dan menguasai 4 basic Triad, chord yang terdiri dari 3 not, kini kita juga wajib mengetahui chord yang dibentuk oleh 4 not. Dan lagu-lagu Jazz Standart sering menggunakannya.

Dan Chord yang terdiri dari 4 not tersebut Selengkapnya adalah sebagai berikut:

Kita ambil contoh dalam Key : C


1
2
3
4
5
6
7
Chord
CMaj7
Cm7
C7
Cm7b5
Cdim7
CMaj7#5
Cm(Maj7)
Rumus
1-3-5-7
1-3b-5-7b
1-3-5-7b
1-3b-5b-7b
1-3b-5b-7bb
1-3-5#-7
1-3b-5-7
Not
C
C
C
C
C
C
C

E
Eb
E
Eb
Eb
E
Eb

G
G
G
Gb
Gb
G#
G

B
Bb
Bb
Bb
Bbb
B
B

Sangat dianjurkan:
Dilatih secara Arpeggio, Chordal ke 7 Chord tersebut di 12 Key, misalnya pada Gitar baik di Low Position, Middle Positon dan High Position. Dalam upaya makin mengenal not, Fretboard sehingga pada saat bermain letak, posisi not pada fretboard sudah kita ketahui secara spontan (otomasi). Dan jangan lupa, hakekatnya bermain music itu adalah berbicara lewat alat music atau music yang kita buat, segala sesuatu yang ada dalam pikiran dan jiwa kita dituangkan di music tersebut. Nah bagaimana kita bisa bicara banyak dan variatif kalau perbendaharaan kata kita sedikit. Ingat Chord adalah KATA.

Suka halaman ini? Beritahu teman: