Home > Artikel > Review Album - Bitches Brew

Review Album - Bitches Brew

Penulis: Beben Jazz

"Bitches Brew"
Embryo musik Fusion - suatu Fenomena

Seperti yang sudah ditulis sebagian oleh Jazzadelic, Album "Bitches Brew" Miles Davis ini, memang dianggap seperti awal, pelopor era "Jazz Rock" embryo-nya musik fusion dengan suatu gaya tertentu. Meskipun kalau nanti sepintas kita dengar, bentuk komposisi-nya belum seperti Jazz-Rock yang utuh, seperti apa yang kita bayangkan. Boleh dibilang dalam komposisi-nya disitu masih terdapat Style Cool Jazz-nya Davis, Avant Garde, Psikedelik dengan ritmik yang berulang, dan tentunya sentuhan alat electric yang lebih menonjol dibandingkan dengan era yang sebelumnya, dan yang pasti, sangat berbeda sekali dengan bentuk Jazz era2 awal (swing, bebop dst).

Album ini lahir, diawali oleh pada saat itu Free Jazz mulai berkembang, dan Miles Davis dengan terbuka menentang aliran tersebut, dan pada saat itu musik Rock sedang berkembang pesat berdampingan dengan maju-nya perkembangan teknologi musik elektronik. Di akhir dekade '60 dimana musik Rock juga sudah mulai menunjukkan perkembangannnya yang menggigit, Miles Davis menerima tawaran dari Clive Davis, presiden Columbia Record untuk rekaman dengan mengoptimasi peralatan musik elektronik. Kemudian Miles Davis menerima tawaran tersebut, dan lahir-lah Album Bitches Brew ini, dengan beberapa personil seperti:

Miles Davis - Trumpet
Wayne Shorter - Soprano Sax
Lenny White - Drums
Bennie Maupin - Bass Clarinet
Chick Corea - Electric Piano
Jim Riley - Percussion
Jack DeJohnette - Drum
Harvey Brooks - Fender Bass
Charles Alias - Drum
Dave Holland - Bass
John Mc Laughin - Gitar.
Joe Zawinul - Electric Piano
Larry Young - Electric Piano

Yang kemudian masing personil ini setelah proyek ini selesai, masing berkembang terus secara pesat, dan beberapa diantara-nya membentuk beberapa Group Besar, dengan Konsep Jazz Rock yang lebih disempurnakan.

Wayne Shorter dengan Joe Zawinul , membentuk "Weather Report", dan dari group inilah nanti lahir salah satu icon besar, basiss Jazz Jaco Pastorius, sebelum Jaco, juga ada bassis Miroslav Vitous dll.

Chick Corea dengan Lenny White, membentuk "Return to Forever", dan dalam group ini juga bercokol tokoh jazz hebat seperti Stanley Clarke, Al Dimeola, Bill Connors

John Mc Laughin, membentuk Mahavishnu Orchestra, dengan diperkuat beberapa pemain yang hebat, seperti Billy Cobham, Rick Laird, Jan Hammer, Ralph Amstron, Jean Luc Ponti, dan beberapa pemain lagi yang sempat singgah dalam group ini.

Sebenarnya selain terbitan Bitches Brew ini, ada perkembangan lainnya, yaitu pergerakan dan experimentasi orang di Inggris di tahun 60 an, yang juga turut menyumbang akan lahir-nya aliran Jazz Rock ini, dan dari sini lahir Group seperti Colosseum, Egg, Soft Machine dll (ini punya cerita panjang tersendiri)

Demikianlah secara singkat, awal perkembangannya.

Saya sarankan kalau ada dana dan kesempatan, boleh lah Album ini di Koleksi, sebagai salah satu saksi sejarah dalam perkembangan musik, Jazz khusus-nya. Dan boleh dibilang ini salah satu CD yang termasuk 8 keajaiban dunia he ... he... . Terlepas dari nanti suka apa nggak suka denger-nya.
Wajib koleksi he ... he ... racun ... racun ....


Salam,
Beben Jazz

Suka halaman ini? Beritahu teman: