Home > Artikel > Akira Jimbo

Akira Jimbo

Penulis: Beben Jazz

Okay, bagi yang belum tahu banyak tentang Akira Jimbo saya akan memberi sedikit masukan. Akira Jimbo adalah drummer dari grup jazz Casiopea yang telah menghasilkan puluhan album. Dia sempat juga tergabung dalam Jimsaku bersama Tetsuo Sakurai (bass). Sekarang dia menjadi drummer no 1 di Jepang, bahkan di dunia. Sebentar, apa yang membuatnya unik? Apa kehebatan dari Akira Jimbo?

Akira Jimbo mempunyai ciri yang orang lain tidak pernah memainkan. Dia dapat memainkan suatu komposisi lagu hanya dengan drum dan trigger systemnya. Caranya? Dia men-trigger hampir semua komponent drumnya dari bass drum hingga jamblocknya. Sebagai contoh, pada bass drum-nya dia dapat mengeluarkan suara bass gitar juga pada saat diinjak. 5 kali injak bisa 5 nada yang keluar, tergantung dari program yang Akira buat. Dan pada snare bisa juga mengeluarkan suara alat musik lainnya, misalkan trompet. Jadi jika dia memainkan beat tertentu sudah ada 2 alat musik yang berbeda yang ikut terdengar. Hebatnya, dia bisa memainkan lagu "Mission Impossible" yang benar2 full instrument, padahal semua itu hanya dihasilkan oleh seorang saja. Akira benar2 jenius! Mungkin anda bisa membayangkan apa jadinya jika dia salah pukul?! Dia tidak pernah menggunakan backing track atau minus one pada setiap kliniknya. Lagu yang terdengar memang dimainkan juga oleh Akira sendiri secara langsung. Bukan itu saja, independence dari Akira Jimbo sendiri memang luar biasa. Dia sering memainkan pattern clave dengan kaki kirinya sedangkan kedua tangan dan kaki kanannya memainkan pattern yang benar-benar berbeda. Speed-nya? Jangan ditanya... sangat cepat! Tapi walaupun cepat, pukulannya tetap halus. Double pedalnya? Permainan double pedal akira sangat unik, dia biasa menggunakan pattern drag ketimbang single stroke dan lagi-lagi memang cepat dan halus.

Jadi, jangan mengira bahwa Akira hanya dapat memainkan beat. Akira plays music!!! Pandangan anda terhadap drummer akan berbeda setelah melihat Akira main.

Suka halaman ini? Beritahu teman: