Home > Komunitas Jazz Kemayoran > Report > Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-011

Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-011

Salam Jazz !!! rekan-rekan

Ditengah riuh pikuk-nya, gemuruh prosesi dilangsungkannya Pesta Musik Java Jazz Festival, ada satu kegiatan yang terus konsisten dilaksanakan, meskipun tidak terlalu Wahh … kalau itu diukur dari sisi Fasilitas sebagai suatu acuan standart penyelenggaraan, namun juga tidak bisa dianggap kecil dari sisi makna dan arti dalam upaya ikut memberikan warna kancah kehidupan musik/Jazz di negeri Indonesia Tercinta ini, yaitu Kegiatan Pertemuan Bulanan "Komunitas Jazz Kemayoran" ke-11 yang diadakan pada hari Jumat, tgl. 25 Februari 2005 lalu.

Sesuai juga dengan apa yang dikatakan salah satu musisi kita Riza Arsyad, pada waktu ikut hadir dan turut memberikan masukan pada saat diadakannya meeting Forum Komunitas Jazz Se-Indonesia Hari Sabtu di JHCC tempat dilangsungkannya Pesta Musik Java Jazz Festival, beliau menekankan kata "Yang Penting dijaga : Konsisten …" yang diamini oleh kita semua sebagai tanda sangat setuju, dan memang benar demikianlah adanya, menjaga konsistensi itu yang paling susah. Sebagai Informasi beberapa rekan Komunitas yang hadir dalam forum tersebut: Bung Dian dan Hendra dari Komunitas Jazz di Batam, Bung Djanusa M.S dari Komunitas Jazz Bali, Kemudian Kang Niman dari klabjazz Bandung, Mas Benny Prayoga dari Pekalongan, Bung Andi dari Makasar, Komunitas dari Medan saat itu belum hadir, dan Mas Agus Setiawan Basuni dari Warta Jazz sebagai Kordinator dan Mediator. Dan tentunya saya sendiri mewakili Komunitas Jazz Kemayoran, senang rasanya kami bisa berada diantara mereka (Mas Agus, klw ada yang kurang tolong dilengkapi, thx). Sekedar Info saja.

Ok, kita kembali ke Review Pertemuan Komunitas Jazz Kemayoran.
Seperti biasa acara dimulai tepat Pukul 8 malam, dibuka oleh Host kita kali ini : Ricky Firmansyah, bassist yang juga ikut bermain dalam pesta musik Java Jazz Festival pada hari Jumat 4 maret, bersama group co-P. Setelah melakukan pembukaan yang cukup segar dengan mengingat kembali mengapa KJK di bentuk, kemudian Ricky langsung tanpa basa-basi, memanggil Performer kita malam ini yaitu: Personil Trio yang sepakat menamakan group-nya "Ensemble d'Etudiant" dengan makna menurut visi dan apa yang mereka rasakan bahwa belajar adalah "life time process" dan kata bijak "we are always a student" (setuju banget), maka demikianlah mereka menamakan kumpulan tiga pria konyol (menurut mereka he..he.., bener juga sich he..he..) yang terdiri dari: Areza Riandra (drumset), Robert Julius (Piano) dan Adriansyah (Contrabass), dimana selain pertemuan mereka terjadi didalam kegiatan Komunitas Jazz Kemayoran , mereka juga adalah siswa2 yang pernah menimba pada "Institut Musik Daya" (and tambahan info Reza and Adri baru lulus lo, dengan nilai ok lagi, selamat ya kalian berdua and jangan lupa ilmunya sharing di KJK). Toubb dech.

Sebagai lagu pembuka mereka membawakan "Just Friend" karya Klemmer/Lewis yang pernah juga dibawakan dan dipopulerkan oleh Maestro Jazz John Coltrane dalam album yang bertajuk "Coltrane Time", dan lagu ini juga pernah dibawakan versi Vokalnya oleh salah satu tokoh aliran West Coast Jazz yang memiliki suara Khas yaitu Chet Baker yg juga sangat andal dalam memainkan Instrumen selain bernyanyi. Wuih lagu berat juga nich … tapi d'etudiant membawakannya dengan mulus dan kami sangat terhibur, dan sedikit tertengun, kalau saya pribadi makna ketertengunnannya adalah: Ada Trio Bagus nich yang akhirnya bisa main disini, kemudian ketertengunnan yang kedua "akhirnya jazz bisa hadir juga disini, di hadapan gang2 sempit kemayoran, dipinggir kali kecil he..he… ini tadinya merupakan sebuah mimpi lo ….

Lagu selanjutnya mereka membawakan satu nomor latin dari Joao Bosco, wah Mas Iman mulai senyum2 nich (seperti kita ketahui Mas Iman Budi Santoso adalah penggila musik latin ini). Wuih enak lo rekan2 lagunya, usai pertunjukkan saya minta tuch partiturnya/lead sheet nya.

Nomor selanjutnya mereka membawakan "Prelude from J.S Bach" wahhh nggak terduga nich, jadi ingat Jacques Loussier Plays Bach, Kerenn-keren … Aduhh Adri menggesek-gesekkan Bow-nya lagi ke Contra Bass menimpali apa yang dilakukan oleh Reza dan Robert, terasa Counter Point gaya Bach terdengar dan pada pertengahan lagu irama berubah menjadi Swing … Keren-keren … Toub dech kalian bertiga.

Tepuk tangan meriah menyambut ending setiap lagu yang mereka bawakan.

Dan sebagai lagu terakhir, untuk mengenang masa kecil mereka katanya. "Dalam hati, ini maksudnya masa kecil gue kali ya… Reza Menyindir … Karena mungkin Masa Kecil-nya Robert adalah lebih tepat lagu-lagunya Enno Lerian Cs. He..he.. sori Beth becanda he..he.. abis kan dia masih 19 tahun, sebagai anggota termuda dari Trio tersebut.
Lagu apa coba tebak ??? Bintang Kecil, yapp !!! lagu Bintang kecil, lagu nostalgia saya masih kecil dengan sangat indah dibawakan, dan tentunya dengan aransemen mereka sendiri … Kok bisa ya Za cs… toub dech buat kalian Bertiga, Insya Allah kalau kalian terus berlatih dan makin ok dan kompak, bukan tidak Mungkin Trio ini akan tampil pada Event JAVA JAZZ, Pada kesempatan berikut, serius lo, mudah2 an dibaca mereka ya ..he..he.. kokk jadi promosi.

Ok, sekali lagi Toub, salut buat mereka, boleh dibilang ini group terbaik yang pernah tampil pada acara KJK. Dan ini terbukti dengan teriakan more … more … oleh pengunjung yang merasa puas dan masih ingin melihat penampilan mereka lagi, akhirnya tambah dech satu lagu "Beatiful Love" lagu kebangsaan kata Robert he..he…

Dengan berakhirnya lagu Beatiful Love, berakhir pula sesi pertama, yang kemudian dilanjutkan pada acara sesi kedua yaitu: Jam Session. Ini juga merupakan sesi yang cukup ditunggu, apalagi oleh rekan2 yang memang sedang belajar dan ingin mencoba apa yang telah mereka pelajari … dan inilah salah satu media di KJK sebagai tempat belajar, mencoba untuk musisi pemula sekalipun … istilahnya dalam sesi ini, rekan2 jangan sungkan dech, meskipun misalnya baru bisa 1 lagu, kemudian selama 1 bulan, 3 bulan lagunya baru bisa itu2 terus, ya udah jangan sungkan mainkan saja disini, kami akan siap terus sharing bersama … seperti biasa setiap pergantian lagu, formasi pemain pun berubah, bergantian. Yang saya suka disini adalah: Anton cs. Yang menurut mereka yang pada awalnya datang ke KJK sama sekali tidak bisa bermain Jazz, tidak mengerti Jazz, akhirnya bisa tergabung dalam Jam Sesion wuihh seru dech … dengan siapa mereka belajar …? Adakah yang paling mengerti di KJK ttg Jazz ? jawabannya adalah: tidak ada … yang secara khusus mengajar mereka … karena tidak ada yang paling merasa tahu disini, tidak ada yang merasa paling bisa disini … semuanya terjadi karena proses sharing dan diskusi yang lancar berjalan dengan tulus sesama anggota KJK, Percaya/tidak percaya ? Datang aja dech ……untuk membuktikannya.

Baiklah, jam sudah menunjukkan Pukul 21.30, molor dikit nich … he..he.. terus terang, abis seru sich d'etudiant sama jam sesion ya … boleh dech di kasih tambahan waktu dikit, yang penting sesi musik masih bisa dilaksanakan sampai Pukul 22.00 (perjanjian tidak resmi sich ….) Mungkin rekan2 bertanya-tanya, karena takut mengganggu tetangga ya …? He..he.. jawabannya bukan itu kok, karena memang masih banyak nich acara yang seru2, Dan tetangga saya Mas Basuki setelah 11 x mendengar acara kami, sudah mulai enjoy kok, dengan anggukan, dan ketukan2 kaki yang nge-Swing. Dan keponakan Saya : Acha yang berumur 6 tahun, juga sudah spontan pagi2 dan malam menyanyikan tema utama dari lagu C-Jam Blues, sebelum berangkat sekolah dia bersenandung "tet tet - tet tet -tet tet - tetttt tet he..he..he gitu dech … racun mulai menjalar nich ..he… Jazz memang racun yang cukup berbahaya …

Sesi berikutnya adalah: Sharing Materi mengenai Profile dari salah satu pendekar, sesepuh Jazz dunia yang sudah tidak asing lagi, yaitu : MILES DAVIS ….. Ihhhh Seremmm … Ya pada mula-nya Alifa yang juga sebenarnya notabene adalah seorang pemain Gitar merasa serem dan ragu-ragu untuk membawakan materi diskusi ini "Miles Davis lo, bukan tokoh main2 nich" , hanya hal yang akhirnya membuat seorang Alifa akhirnya berani tampil juga adalah: forum ini bukan Klinik dan juga bukan workshop dimana yang rekan yang sedang tampil di depan adalah harus orang yang paling tahu, sesi ini adalah merupakan proses belajar juga, bagi si pembawa materi, tentunya rekan yang ditunjuk punya waktu selama 1 bulan untuk mencari bahan, materi dan lain sebagainya yang berkenaan dengan isi materi yang nantinya akan di sharingkan kepada anggota yang lain, seru kan si pembawa materi belajar, dan pendengar pun ikut belajar dan mendapatkan informasi yang berharga berkenaan dengan isi materi … saya pun disamping Alifa sudah bersiap-siap sebagai Operator yang sudah memegang tidak kurang dari 9 album CD Miles davis dari Era Birth of Cool, Bitches Brew s/d era 80-an yang lebih ke Fusion/Funk. Seru dech sesi ini, terutama melihat si pembawa materi sharing yang mungkin boleh jadi adalah pengalaman pertamanya bagi dia "Alifa sempat berujar "gue mendingan main nich daripada gini he..he..he.." itulah serunya. Bermain, mengajar, Sharing dll dalam proses kehidupan belajar musik, memang memiliki seni tersendiri. Dalam Komunitas Jazz Kemayoran, kami berusaha, rekan2, anggota dapat merasakan semua proses tersebut, mulai merasakan dari proses bagaimana menyelenggarakan sebuah Event, meskipun dalam ruang lingkup yang kecil, menjadi Hosted, Pemain, pembawa materi dan lain2, kesemuanya kita rasakan adalah sebuah proses belajar yang panjang yang nantinya akan sangat berguna pada saat terjun langsung dalam dunia kehidupan musik yang sesungguhnya. (Uraian singkat mengenai isi materi dibagikan kepada pengunjung, dan arsip tersimpan di file KJK)

Setelah berlangsung 1 jam, kurang lebih pukul 22.30 Acara sharing berakhir, tentunya dengan sesi tanya jawab yang seru banget, dan dalam sesi ini seperti yang telah saya uraikan didepan, si pembawa materi sharing bukanlah dianggap yang paling tahu, tapi paling tidak adalah orang yg sudah mempelajari, mendalami materi selama 1 bulan, tapi tentunya waktu 1 bulan kadang belum mencukupi kedalaman materi akan seorang Miles,dan tentunya semua berjalan bukan tanpa kekurangan, hanya serunya dalam proses sharing ini, khususnya di KJK, Pengunjung boleh langsung mengoreksi jika seyogyanya ada hal2 yang kurang berkenan, kurang tepat, misalnya dalam penyebutan nama, tahun dan lain sebagainya, pengunjung boleh membantu membenarkan, atau membantu menjawab pertanyaan2 yang di lontarkan oleh audience … misalnya beberapa kali Mas Iman yang memang salah satu anggota senior kami khususnya mengenai pengetahuan sejarah Jazz, melontarkan perbaikan2, dan tentunya si pembawa materi akan dengan lapang hati menerimanya, dan yang lebih penting adalah, pendengar, pengunjung pada akhirnya akan mendapatkan informasi yang paling akurat …….

Usai, acara Sharing, tibalah kita pada sesi yang paling ditunggu-tunggu yaitu sesi: Diskusi Bebas, ngobrol bebas …. Ttg apa aja …. Bahkan dalam sesi inipun bisa juga terselip acara2 seperti barter CD, MP3, dan seperti kemarin rekan kita Shuto melakukan Pelelangan Kaset2 Jazz koleksi Pribadinya … seru dech pokoknya sesi ini … Pengunjung terakhir dan termalam yang hadir di Markass KJK, Pulang kurang lebih pukul 01.30 Pagii he..he….. gile ..gile…nggak terasa tuch ya kalau sudah ngobrol ….

Berapa jumlah pengunjung yang hadir hari itu ? … rasanya perkara jumlah sudah tidak penting lagi buat kami … dan selalu ada hadir muka2 baru dalam komunitas Kami. Dan yang patut kami syukuri adalah: Alhamdulillah Eksistensi KJK sebagai sebuah Komunitas Jazz yang berdiri dihadapan Gang, dan pinggiran kali kecil, kini mulai terdengar gaungnya, khususnya didalam masyarakat Jazz yang kini mulai bergerak, berkembang menuju kebangkitan, dan masa kejayaannya kembali di bumi tercinta Indonesia. Terima kasih untuk rekan2 yang telah/mau hadir dalam acara kami, tentunya tanpa kalian, acara ini tidak akan pernah ada. Khususnya dalam mempertahankan suatu konsistensi yang kita tahu bukanlah sesuatu yang mudah. Tapi selama kalian mau hadir dan mau mensupport, membantu tentunya semuanya akan lebih ringan dan mudah.

(Sebagai Informasi, acara kita hari ini diliput oleh rekan kami dari Koran Tempo, sdri. Sandra. Terima kasih Koran Tempo/Sandra yang telah membantu mensiarkan kegiatan dan misi kami … memperkenalkan Jazz ke khalayak yang lebih luas dari semua/untuk berbagai kalangan …)


Salam Jazz,
Beben s.m

(mohon maaf kalau ada kesalahan2, kekurangan2 dalam laporan ini, karena seorang beben juga adalah manusia ….yang tak luput dari salah)

Lihat juga Komunitas Jazz Kemayoran: About | Report Kegiatan

Suka halaman ini? Beritahu teman: