Home > Komunitas Jazz Kemayoran > Report > Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-013 & 014

Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-013 & 014

Report Pertemuan Bulanan Komunitas Jazz Kemayoran : 2 bulan terakhir :
April & Mei. + Review

Wah … diravel nich nulis laporannya he..he…

Yapp … 2 bulan terakhir ini, pertemuan ke-13 pada tanggal 29 April 2005 dan ke-14 pada tanggal 27 Mei 2005, seperti memulai babak baru pada tahun kedua, dimana sebelumnya pada tangal 03 April kami baru saja merayakan Ulang Tahun kami yang pertama di Ciputat di waktu lalu.

Babak baru ? yah yang kami maksud dengan babak baru adalah, tahun kedua ini merupakan suatu tantangan tersendiri bagi kami, dalam mempertahankan suatu konsistensi, agar bagaimana Komunitas ini tetap dapat berjalan, dan terus berkembang, untuk menambah semarak dunia Per-Jazz-an Indonesia dan dapat bermanfaat bagi masyarakat musik khususnya.

Alhamdulillah, kalau kita Review dari awal tahun awal berdirinya, KJK hanya tempat ngumpul latihan kurang lebih terdiri dari 6 orang saja, kemudian berkembang dan terus berkembang, sampai akhirnya di markas kami pernah kedatangan kurang lebih 50 orang dalam acara bulanan kami, kemudian pada Ultah kami yang pertama tidak kurang hadir 100 s/d 150 orang yang turut memeriahkan acara, dan turut juga hadir 6 group berpartisipasi bermain menghibur masyarakat pecinta Jazz disana. Hal ini cukup surprise bagi kami, dimana mengingat 3 group yang tampil juga adalah hasil kumpul-kumpul kita di Komunitas ini, dan boleh dibilang pada awalnya kita sama sekali nggak punya group lo, yang ada hanya Jam session-session aja diantara kami sambil belajar, sampai akhirnya diantara kita berkembang dan terus berkembang, sampai akhirnya lahir 3 group tersebut (D'Etudiant, F+2, dan Beben Quartet)

Boleh dibilang memang, meskipun dari sisi kehadiran pada pertemuan bulanan masih pasang surut karena sesuatu dan lain hal (kesibukan anggota, dll). Tetapi Kami hingga saat ini masih tetap ada dan konsisten terus melakukan segala kegiatan2 nya, baik yang bulanan, maupun Mingguan. Dan satu hal lagi yang patut disyukuri adalah, eksistensi kami sebagai suatu Komunitas Jazz kini mulai agak terdengar, dan terima kasih juga kepada rekan2 media e-music, Koran Tempo, Kompas, Radio One, Trijaya, Horizon-line.com, Warta Jazz.com yang turut membantu kami dan mensupport Komunitas kami untuk mensiarkan Komunitas Kami kepada Masyarakat, dan juga tidak ketinggalan Terima kasih kepada Mall Ambassador, yang bersedia memberikan tempatnya tiap selasa untuk kami dapat bermain disana. Kesemua ini tentunya hal ini sangat berarti bagi kami, khususnya dalam upaya menjalankan misi kami lebih memperkenalkan musik jazz kepada masyarakat luas, dan sebagai ajang ngumpul, ngobrol, diskusi, belajar para pencinta jazz khususnya.

Sebagai Informasi, Kegiatan Rutin yang kami lakukan adalah:
1. Pertemuan Bulanan : Setiap Jumat terakhir akhir bulan di Kemayoran dan,
2. Jam Sesion Mingguan : Setiap Selasa di Mall Ambassador Food Court lt.4

 

Pertemuan ke-13, 29 April 2005.

Mulai pertemuan ke-13 ini, untuk sementara acara Performance ditiadakan, bukan untuk selamanya. Tapi karena sesuatu dan lain hal Acara Perform dan Jam Session kita adakan di Mall Ambassador saja, dan yang dikemayoran lebih fokus seperti latihan ensamble dan membahas/sharing suatu materi, baik materi sejarah Jazz atw teori musik.

Acara seperti biasa dimulai pada Pukul 8 malam, dan satu persatu anggota yang hadir dan memiliki minat untuk bermain, maju kedepan satu bersatu. Dan kita berlatih ensamble Jazz mencoba lagu satu persatu, dari mulai lagu berformat blues s/d latin. Dan hari itu yang kena dikerjain, adalah bassis kita yang berasal dari jiung kemayoran si Ayung he..he.. karena nggak ada bassis lain, dia terus yang main. Selain capek, grogi juga ternyata beliau, seru aja melihat si Ayung main grogi dan keringatan, padahal didepan temen2 sendiri he..he… "nggak pa2 kan Yung", ntar kan jadi cepet bagus mainnya he.he.. jangan kapok ya untuk bulan depan main lagi.

Kurang lebih acara ini berjalan 1 jam, dan suasanya berjalan dengan sangat baik, dan proses saling belajarnya dapat berjalan dengan sesuai yang diharapkan.

Usai acara latihan nge-band jazz ini, acara dilanjutkan dengan pembahasan materi History of Jazz, yang akan dibawakan oleh rekan kita Arman, yang sudah bersiap-siap bawa 10 Disc DVD dari Kenburn Jazz yang akan di presentasikan ke kita. Tapi yang pasti karena waktunya terbatas, nggak mungkin semuanya langsung di pasang ya Man ..he..he.. Hari itu Arman hanya membahas dan memasang disc 5 nya saja. Seru juga, sambil film berjalan, rekan kita Arman berlaku seperti Reporter Pertandingan Sepak bola gitu, kasih komentar-komentar, dan rekan-rekan yang lain sibuk menyimak, dan sesekali melontarkan pertanyaan yang jawabannya kadang kita bahas bersama-sama, kalau dah mentok he..he…

Tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 23.00, kemudian kita ngobrol bebas dech ngalor ngidul sampai pukul 24.00 an baru dech bubar semua, itu juga pake diusir he..he.. klw nggak, pada nggak mau pulang tuch ….

Sampai ketemu lagi rekan-rekan di bulan depan ….. jangan bosan datang ya, tanpa kalian, Komunitas ini kurang seru dan tidak dapat berjalan ….

Pertemuan ke-14, 27 Mei 2005.

Pertemuan bulan Mei ini suasananya tidak jauh berbeda dengan bulan lalu.
Acara dimulai dengan latihan nge-Band Jazz terlebih dahulu, dan hari ini yang datang lebih banyak Gitaris-nya, ada Katno, Ipung, Beben dll. Jadi mau tidak mau pemain gitarnya gantian ya ..he..he…Seru juga dengan satu lagu kita bergantian gitaris, semua ingin mencoba dari lagu- berformat Swing, Blues s/d Latin. Bassis masih si Ayung anak Jiung, Cuma kali ini kayaknya dia dah siap nich dan berlatih Stamina khususnya he..he.. bagus Yung datang terus ya, Kalau begini terus tiap bulan, cepet muantab dech tuch main bassnya. Pianis ada Peter anak Sunter, dan Ilman anak Cempaka baru yang baru pindah instrument dari Gitaris dan kini sedang memperdalam Piano, boleh juga nich si Ilman anak 1 SMA yang sudah nge-Jazz dan menguasai 2 Instrument dengan sama baiknya.
Jangan bosan ya Man main Jazz …. Acara ini agak berlangsung lebih lama dari biasanya, kurang lebih 2 jam-an dari jam 8 s/d 10 malam.

Pada 2 pertemuan terakhir ini, sesi ensamble memang memiliki daya tarik sendiri, selain berguna bagi pemain yang baru mau coba bermain Jazz, dan ada serunya melihat wajah-wajah bingung, tegang, dan kadang terlihat juga kerut-kerut rumit diwajah para peserta ensamble he..he… namun karena suasananya dibuat sedemikian rupa akrab dan relax. Selanjutnya yang terdengar adalah gurauan2 diantara mereka yang membuat suasana berubah menjadi tidak tegang, dan membuat peserta yang tadinya tegang-tegang mencoba jadi berani ikut serta…. Seru .. seru …

Usai acara ensamble, dilanjutkan dengan pembahasan materi. Kali ini materi yang dibahas adalah mengenai Fusion. Dan acara ini dibawakan oleh saya sendiri. Sudah kebayang pasti seru banget dech dan terlihat antusias dari rekan-rekan yang khususnya dari generasi muda kalau membahas salah satu genre Jazz yang banyak digemari kalangan muda ini, karena selain iramanya yang memang sudah lebih akrab ditelinga mereka dibandingkan dengan musik Swing yang katanya musik bokap2 he..he…he padahal nggak juga ya … tull nggak.

Pembahasan dimulai dari Proyek Album Bitches Brew Miles Davis yang dianggap sebagai embrio musik fusion yang digawangi oleh personil-personil seperti:

Miles Davis - Trumpet
Wayne Shorter - Soprano Sax
Lenny White - Drums
Bennie Maupin - Bass Clarinet
Chick Corea - Electric Piano
Jim Riley - Percussion
Jack DeJohnette - Drum
Harvey Brooks - Fender Bass
Charles Alias - Drum
Dave Holland - Bass
John Mc Laughin - Gitar.
Joe Zawinul - Electric Piano
Larry Young - Electric Piano

, kemudian dibahas juga pergerakan pertengahan era 60 an oleh orang eropa yang dianggap juga memberikan sumbangsih pada musik fusion ini. Penjelasan sambil diikuti pemasangan CD-CD pendukung. Hanya terus terang pembahasan mengenai Fusion ini tidak cukup klw dibahas hanya 1-2 jam saja. Jadi malam itu, kita hanya membahas, pada era awalnya saja sebagai introduction (seperti apa yang tertulis pada e-music edisi minggu lalu, yang berminat dengan isi materi fusion ini dapat menghubungi saya). Rekan-rekan semua begitu antusias mendengarkan materi fusion ini, dan seperti enggan beranjak untuk pulang …. He..he… tapi waktu sudah menunjukkan hampir pukul 12 malam, dan akhirnya mau tidak mau pertemuan kita hari itu dicukupkan dech … bubar jalan ..he…he… konsumsi juga dah habis tuch he..he…

Jangan bosan-bosan ya rekan-rekan, hadir dalam pertemuan komunitas jazz kemayoran yang berikut, tanpa kalian, sekali lagi Komunitas ini tidak dapat berjalan dengan maksimal, meskipun saya secara pribadi akan terus berupaya menjaga konsistensi acara ini, meskipun hanya misalnya 1 atau 2 orang saja yang datang, tapi kan alangkah baiknya kalau kesemuanya ini kita jalankan secara bersama-sama ….

Salam, sampai jumpa di pertemuan berikut


Komunitas Jazz Kemayoran.

Lihat juga Komunitas Jazz Kemayoran: About | Report Kegiatan

Suka halaman ini? Beritahu teman: