Home > Komunitas Jazz Kemayoran > Report > Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-015

Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-015

Halo rekan-rekan ... apa kabar ?

Saya mau review sedikit tentang bagaimana jalannya Pertemuan Bulanan Komunitas Jazz Kemayoran Jumat lalu tgl.1 Juli di sebuah teras rumah daerah Kemayoran ...

Kurang lebih 23 orang berkumpul, sebagian muka2 lama, dan sebagian ada muka2 baru bermunculan, dan sebagian mengaku hanya sebagai penikmat jazz, dan sebagian boleh dibilang mantan2 player yang sudah lama vakum, tapi ingin aktif lagi. Dan dari segi usia muka2 baru yang datang kurang lebih berusia sekitar 30-an dan 40 an keatas. Memang sebagai info, di komunitas kami seperti diketahui sesuai dengan moto kita "jazz untuk semua" dari segi umur, status sosial, pemain atau bukan, semuanya disini berkumpul, dan beragam, dan semuanya bersatu karena punya kecintaan yang sama yaitu "JAZZ"

Acara dimulai Pukul 20.00, dibuka oleh saya sendiri, yang kebetulan menjadi host pada malam itu, dan sedikit memberikan penjelasan mengenai misi dan apa saja yang telah dilakukan KJK, kemudian setelah sesi pembukaan itu, langsung acara diserahkan kepada Robert, yang malam itu kebagian mengisi Materi-Sharing mengenai Improvisasi.

Sharing mengenai Improvisasi, Robert memulainya dengan menganalisa sebuah lagu "all the things you are". Dan tentunya memang, seperti diketahui, sebenarnya untuk dapat meng-improvisasikan sebuah lagu dengan tepat dan sesuai dengan karakter lagu/nuansa lagu yang dinginkan, memang sebaiknya harus melalui proses analisa ini, hanya memang bagi virtuoso2 jazz, senior2 jazz, proses ini bisa dilakukan dengan hanya melihat sebentar saja sebuah leadsheet/partitur lagu, kemudian mereka akan tahu apa yang harus dilakukan terhadap lagu tersebut. Hanya kadang bagi para pemula proses ini akan sangat memakan waktu juga, bisa 1 jam, 3 jam, bahkan 1 minggu baru tahu apa yang harus dilakukan terhadap sebuah lagu tersebut he..he.. demikian lah proses-nya ...

Dalam Sharing kemarin pembawa materi mengajak kita menganalisa lagu bar demi bar, dan dengan pendekatan yang sangat sesederhana mungkin, dalam meng-improvisasikan sebuah lagu. Dan kemarin juga karena notabene peserta memang sebagian besar adalah para pemula2 yang baru belajar, pendekatan modes, tangga nada yang digunakan juga diarahkan kepada penggunaan Ionian Modes/Major Scale ... misalnya: Sebagai contoh:
Lagu "all the things you are" yang nada dasarnya adalah Ab (memiliki tanda 4 b(mol/flat), dan Chord pada 5 bar pertama nya adalah:

Fm7 - Bbm7 - Eb7 - AbMaj7 - DbMaj7 kita diarahkan untuk menggunakan Ab Major Scale, karena dalam kasus ini kalau AbM7 adalah sebagai I (Root), Fm7 -nya adalah Degree VI, dan Bbm7 adalah: II, Eb7 =V dan DbM7 adalah Degree IV nya, jadi ke-5 chord tersebut dapat dihubungkan dengan satu tangga nada, dan kalau diuraikan lebih detail masing isi chord-nya, maupun misalnya tiap chord tersebut diuraikan dengan pendekatan modes-nya, ataupun pendekatan temanya, semua isi notnya terdapat pada Ab Major Scale, jadi pendekatan sederhana untuk melakukan improvisasi pada 5 bar pertama tersebut kita bisa menggunakan Ab Major Scale/Ab Ionian. Demikian juga pada 3 bar selanjutnya : G7 - CM7 - CM7, kita bisa menggunakan C Major Scale dst ….

Pokoknya kemarin itu bar demi bar lagu kita bahas semua sampai habis, dan sekali lagi dengan pendekatan pemula, dan sesederhana mungkin, karena tentunya nanti, dengan makin tinggi-nya Ilmu musik/pengetahuan musik seseorang khususnya dalam hal ini Musik Jazz, akan lebih banyak alternatif, cara menganalisa yang lebih dalam terhadap sebuah lagu tersebut, yang nantinya tentunya akan lebih dapat meng-improvisasikan sebuah lagu makin tepat dan makin tepat, dan tentunya makin berbobot pula … karena pastinya yang kita bahas kemarin itu adalah buka salah satu-nya cara …

Dan terlihat rekan-rekan kita yang hadir, demikian antusias mengikuti jalannya acara sharing ini, meskipun tetap ada yang kening-nya berkerut-kerut juga he..he.. katanya mau dibikin simple tapi kok, malah bingung ya ..he.he… siap hayoo ..yang tambah pusing ???
Emang enak main Jazz ….

Memang sebenarnya "all the things you are" bukan lah lagu untuk pemula, tapi kemarin itu diupayakan diadakan pendekatan improvisasi yang sesederhana mungkin, dan memang kalau kita mau mencoba belajar Jazz, memang kita harus siap … siap apa ??? ya siap belajar dan belajar terus … karena mau tidak mau memang kita harus begitu … karena itu adalah salah satu hal yang terpenting dalam mempelajari Jazz, punya tekad, kemauan yang keras, dan konsisten, mulai membangun sesuatu, belajar sesuatu dari hal yan paling sederhana, tapi dimatangkan dilatih terus dll, Karena kemarin terasa, ternyata Major Scale itu demikian penting-nya dan dapat berbuat banyak dengan modal itu …

Jadi jangan lupa, latih terus, dan kuasailah "Major Scale di 12 Keys" …

Hari itu sebenarnya- yang akan dibahas adalah 3 lagu, selain all the things you are, juga cute dan bye bye blackbird, tapi karena waktu-nya tidak memungkinkan,lagu lainnya hanya dibahas sepintas …dan memang materi ini sangat menarik, terlihat juga para peserta demikian antusias-nya, dan pembahasan mengenai Improvisasi ini akan bisa sangat luas sekali, dan nggak akan cukup dibahas dengan satu pertemuan saja … mudah2 an nanti pembawa acara Robert, mau melanjutkannya pada sesi2 berikut … Terima kasih Robert mau berbagi dengan kita, dan dengan pembahasannya yang sangat sistematis dan mudah diterima … dan mudah2 an juga nanti rekan-rekan yang lain, seandainya memiliki suatu ilmu meskipun itu ilmu yang masih dasar sekalipun, kemudian ingin di sharingkan, dengan senang hati kami/kjk akan menerima-nya … "meskipun setitik, kebenaran/ilmu itu harus disampaikan …" mudah2 an dan pasti berguna bagi kita semua ….

Sesi berikutnya adalah Jam Session, atau lebih tepatnya, Praktek, mem-praktekan hasil sharing sebelumnya, melakukan improvisasi dengan pendekatan ilmu yang baru kita dapat terhadap lagu all the things you are tersebut … cukup seru, kita bergantian mencoba satu persatu … ada yang masih bingung, ada yang sudah lancar, ada yang mesti mengulang berkali-kali he..he… pokoknya semuanya mencoba …dari sini akan terlihat, dan akan terasa, hal2 apa yang selanjutnya harus kita pelajari lebih jauh lagi … Ternyata Jazz itu .he.. he..he..

Usai Jam Sesion, kita masuk pada acara bebas dech, ada yang sibuk diskusi, ngobrol sana-sini ttg jazz, ada yang masih penasaran nyoba-nyoba lagu lagi, dan sebagian tekun menonton DVD, Karena malam itu kami pun memasang beberapa DVD, Baik milik Library KJK, Maupun yang dibawa dari rekan-rekan kita, menu malam itu yang kita pasang adalah: Sonny Rollins, Joe Pass, Keith Jarreth Solo (bawaan Arman), Jazz Woodstock Festival, , Count Basie dan tadinya mau dipasang juga Gal Costa yang membawakan lagu2 dari A.C Jobim kiriman dari Mas Iman sayang yg satu ini g jalan, dan karena banyak-nya film yang mau dipasang,masing2 DVD kita pasang beberapa2 lagu saja, tapi dapat mewakilinya ….

Usai menonton acara ngobrol ngalor ngidul masih berlanjut, kayaknya nggak bakal pulang-pulang tuch kalau nggak diusir he..he.. padahal waktu sudah menunjukkan jam 12 malam lebih he..he.he.. dan biasanya kita lanjut cari makan malam lagi didaerah setempat. Konsumsi yang disediakan, gandasturi, pisang molen, risoles dan aqua sudah ludes, dan malam itu kita nggak jalan lagi cari makan malam, tapi korbannya adalah Tukang Nasi Goreng yang lewat dech di panggilin ,,, jadilah tengah malam itu kita berpestas nasi goreng dan tentunya bayar sendiri-sendiri he…he….

Akhirnya Jam 1 pagi baru dech pada bubar … itu pake diusir halus tuch he..he.. (bercanda … bercanda), dan ada juga rekan kita yang menginap …..

Terus terang malam itu kami sangat puas, segala sesuatunya bisa berjalan dengan lancar, materi bagus, obrolan seru, dan Alhamdulillah kami masih bisa mempertahankan acara ini bisa berjalan terus meskipun dengan segala kesederhanaan ….

Sampai ketemu pada pertemuan bulan berikut-nya ….

Salam,
Komunitas Jazz Kemayoran.

Lihat juga Komunitas Jazz Kemayoran: About | Report Kegiatan

Suka halaman ini? Beritahu teman: