Home > Komunitas Jazz Kemayoran > Report > Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-017

Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-017

Kembali di Gelar, pertemuan Komunitas Jazz Kemayoran untuk yang ke-17 x nya … pada Jumat 30 September 2005. Kata kembali seakan sepertinya pertemuan ini pernah terhenti atau ada jeda kemudian diadakan Kembali. Yang sesungguhnya adalah, Pertemuan ini tidak pernah terhenti, dan Alhamdulillah masih terus Konsisten diadakan setiap 1 bulan 1 kali, dan pertemuan ke-16 bulan lalu yang biasanya kita adakan di markas kjk di kemayoran , kita adakan di TC Square Kemang atas undangan mereka, dan untuk menjawab undangan rekan-rekan kita yang berdomisili di daerah selatan Jakarta, yang pernah menginginkan "Sekali-kali diadakannya di Selatang Dong …", nah sekarang untuk daerah selatan kita punya tempat baru tuch TC Square yang berlokasi di Jl.Kemang Raya yang selalu terbuka menyediakan tempatnya untuk KJK, "terserah mau dibikin apa aja acaranya, kita sediakan tempat pokoknya, kata Brenda selaku pihak dari TC". Jadi kalau dihitung-hitung, sekarang kita/KJK punya 3 tempat untuk anak nongkrong (istilah yang dipake MTV he..he..), bagi pencinta Jazz, yang mau menyaksikan Jazz secara Gratis, dan ketemu temen2 sesama pencinta Jazz yaitu, Markas KJK di Kemayoran (setiap Jumat akhir bulan), Mall Ambassador (setiap Selasa) dan TC Square (Minggu 2 bulan 1 x). Harapan kami dengan semakin banyaknya tempat-tempat untuk nge-Jazz tersebut, Insya Allah akan dapat membantu/mensupport/memberikan warna bagi kehidupan Musik Jazz di Indonesia khususnya.

Oh iya, pertemuan di TC bulan lalu itu, menghadirkan Alifa Cs, Beben Quartet, D'etuadiant, Tomorrow People Ensamble, dan Van Alloy Big Band, acaranya sangat seru, rekan kita dari Bandung pun menyempatkan hadir Rudy dan Ary Aru (sekalian ada resepsi katanya di Jakarta) dan acarapun, diliput pula oleh salah satu Stasiun TV Swasta JakTV. Terima kasih ya Rekan JakTV yang mau repot-repot meliput kegiatan kita. Tapi maaf ya rekan-rekan, kegiatan kita di TC lalu ini, kami terlewat membuat laporan detailnya.

Ok, kita kembali pada topic, laporan pertemuan kjk yang ke-17 di kemayoran.
Seperti biasa, acara dimulai pukul 8 malam, dan saat acara dimulai, telephone dari rekan-rekan yang mau hadir tapi masih nyasar cari jalan ke Markas KJK, terus masuk he..he.. waktu itu rekan baru kita Aaf dan Rio rekan kita dari anak Elektro dan Komputer UI ini sedang tersesat he..he..dan akhirnya 10 menit kemudian 2 rekan kita yang berdomisili dari Bekasi ini, sampe juga ke Markas kita di Kemayoran.

Acara dimulai dengan penampilan dari Beben Quartet yang menghadirkan 4 lagu secara berturut-turut yaitu: On the sunny side of the street, blue bossa, cute dan take the a train dan tentunya dengan aransemen khas beben quartet …. (apa tuch khas-nya he..he..). Sekaligus juga penampilan malam itu, memperkenalkan Pianis Baru kami Dharmo yang sepintas lalu dari jauh penampilannya mengingatkan pada sesepuh, pianis Jazz kawakan Oscar Petterson he..he.. ya nggak Mo ? sesungguhnya Dharmo sudah tampil pada bulan lalu pada penampilan di TC, tapi terlewat ya belum dikenalin …. Dharmo ini juga mantan pianis dari Galaxy Big Band (bigband-nya milik komunitas Jazz Orang-orang Jepang di Indonesia). Dan sebagai tambahan informasi juga bagi rekan-rekan, setelah dalam 2, 3 x pertemuan sebelumnya di kemayoran dimana pertemuan tidak dapat menghadirkan format band secara penuh, karena keterbatasan alat, Kini Kami KJK sudah memiliki peralatan secara penuh sendiri, dengan formasi: Drum, Gitar, Bass dan Elektrik Piano. Jadi untuk rekan-rekan yang mau ikut jam session, atau tampil di KJK dengan format instrument yang saya sudah sebutkan diatas, boleh lenggang kangkung dech tinggal datang g usah bawa alat juga nggak pa2 tapi bagi pemain yang sudah terbiasa membawa alat sendiri, dan apalagi untuk alat yang memang tidak tersedia, tentunya jangan lupa ya … bawa alat sendiri he..he ….

Kurang lebih 30 menit Beben Quartet membawakan 4 lagu berturut turut tersebut, dengan beberapa Style dari Jazz, Swing, Latin dan Bebop, sekalian kami juga belajar untuk mencoba membawakan beberapa style tersebut sekaligus juga bermaksud mengenalkan bagi rekan-rekan kita yang memang baru mau mengenal musik Jazz, memperlihatkan pada mereka kalau musik Jazz itu juga sangat kaya, ada beberapa gaya didalamnya.

Setelah Penampilan Beben Quartet Berakhir, acara selanjutnya adalah Jam Sesion. Sesi ini benar-benar dipergunakan selain untuk saling mengenal gaya permainan sesama pemain juga benar-benar sebagai arena bagi rekan-rekan baru kita yang baru mau mencoba bermain musik jazz. Jadi bagi rekan-rekan baru yang baru mau terjun main/baru belajar musik jazz, jangan ragu-ragu rekan-rekan … silahkan ikut nimbrung aja dalam sesi ini, 1 lagu untuk 3 bulan juga nggak pa2 he..he…serius lo, kita akan tetap support dech pokoknya … beberapa rekan yang sebelum belum pernah ikut Jam session dalam pertemuan lalu, ikut nimbrung Rio (gitar), Aaf (Piano), Shuto (Gitar), Iik (Gitar), dan Arie (drum), yang lainnya muka2 lama he..he.. Hayokk rekan-rekan yang belum pernah ikut nge-Jam, bulan depan nimbrung yah … jangan sungkan2, siapin dech 1 lagu … yang paling dikuasai.

Acara Jam session berjalan kurang lebih 40 menit, lewat 10 menit dari waktu yang disediakan, habis pada nambah tuch ketagihan he..he….

Selanjutnya acara kita teruskan dengan membahas Materi Mengenai Form khususnya didalam Musik Jazz. Kebetulan yang kebagian tugas kali ini adalah saya sendiri. Pengisian Materi ini sebenarnya lebih bersifat sharing dan saling berbagai pengetahuan, kendati misalnya saya yang kebagian mengisi materi, kemudian ada rekan yang lebih tahu kemudian memberi masukkan, hayook dech kasih masukan jangan sungkan-sungkan. Dan sekali lagi pengisi materi adalah bukan pastinya adalah seorang yang sangat pakar dalam bidang materi yang dibawakan tersebut. Tapi paling nggak dia mengetahui pengetahun dasarnya, dan pemberian tugas ini memang sengaja kita atur, kita tunjuk, dalam upaya agar kita terpacu untuk saling belajar terus. Khususnya bagi rekan yang ditunjuk, kan jadi terpacu tuch untuk belajar dan menyiapkan materi, yang nantinya pengetahuan tersebut akan di sharing kan- disiarkan, dibagikan ke rekan-rekan kita yang hadir. Dan upaya, misi kita, ngumpul di acara KJK selain silaturahmi, sisi Edukasi juga dapat berjalan dan tercapai. Dalam Materi ini kita bahas, apa itu sebenarnya Form, kemudian mengapa 1 lagu penuh didalam Jazz kita sebut 1 Chorus, kemudian kita bahas juga mengenai Progressi, kemudian kaitannya juga apa sich maksudnya Form AABA dll, Form Blues, Rhythm Changes dll. Dan kaitannya dengan menguasai Form ini jadi dapat membantu kita dalam menghapal lagu-lagu Jazz, selain penguasaan Harmoni juga tentunya dapat sangat membantu.Selain itu juga dibahas hal Fatal yang terjadi kalau kita bermain tapi tidak menguasai form lagunya … dan lain sebagainya dech, masalah form kita kupas habisszzz….. seru … seru …

Usai acara pengisian Materi, bukan pengisian rohani yah … tapi pastinya bagi penggemar Jazz, Pencinta Jazz, Jazz juga dapat membantu mengisi Rohani ya … bahagia lo kalau kehidupan Jazz nya tersalurkan … ya nggak rekan-rekan ?

Kita lanjutkan dengan ngobrol-ngobrol bebas dech seputar Jazz dan kehidupannya. Ini juga acara yang seru dan ditunggu-tunggu juga, ada yang pinjam-pinjam Cd, Barter MP3 Jazz dan lain-lain. Seru dech yang pastinya kehidupan Jazz terus berjalan … ini yang penting bagi kami, Jazz terus hidup, dan lewat Jazz kita bersilaturahmi, lewat Jazz kita belajar …

Sampai jumpa di pertemuan Berikut rekan-rekan


Beben S.M
Komunitas Jazz Kemayoran

Lihat juga Komunitas Jazz Kemayoran: About | Report Kegiatan

Suka halaman ini? Beritahu teman: