Home > Komunitas Jazz Kemayoran > Report > Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-027

Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-027

Puji Syukur … Alhamdulillah …

Salam Jazz … rekan-rekan

Intro …
Sesuai dengan sisipan judul diatas, itulah kalimat pertama yang ingin saya secara pribadi ucapkan, dan mungkin itu juga kalimat yang ingin diucapkan oleh rekan-rekan yang telah mengikuti dan mengsupport kegiatan KJK sejak awal.

Tidak terasa, kita sudah melaksanakan pertemuan bulanan Komunitas Jazz Kemayoran, dari mulai pada awalnya hanya disebuah rumah sederhana di daerah kampung irian kemayoran, dan kini sejak awal 2006 kita melaksanakannya di Gambir Expo PRJ Kemayoran, terhitung 27 x rekan2, Alhamdulillah, tanpa support dari rekan2, hal yang mustahil ini dapat dilaksanakan, thanks friends, thanks bro …Puji Syukur Alhamdulillah.

Halo New Friends …
Halo apa kabar juga buat rekan-rekan yang baru tergabung, Irene dari bekasi, Topaz-Fedy (Mona Friends) kapan2 main ya di KJK, Ridwan-Edo dari Tangerang … jangan takut, bulan depan ikut nge-Jam ya, Mas Trisnadi juga siap ya bulan depan ikut nge-jam, tenang Mas selama Form Benar semuanya aman ..he..he, Kang Emen Kohar yang All Instrument, dan semalam mengguncangkan Jam Sesion dengan permainan piano-nya yang asyik banget, dan yg g tahan gaya nekan tuts-nya tuch yang antik banget … (cocok tuch bikin group sama Mas Iman, yang sama2 penggila Brazillian), Abi sang pianis klasik yang sangat menyimak setiap penampilan, bagaimana Bi ? Jazz nggak susah kan …, dan rekan-rekan baru lainnya yang saya tidak bisa saya sebutkan satu persatu, rekan-rekan dari Sentimental Reason Radit Cs, dan Most Famous Timor Cs yang kereeen banget, jangan bosan ya main di Acara-acara KJK, Thanks Rekan-rekan, jangan lupa bulan depan dan bulan-bulan berikutnya datang ke acara-acara yang diadakan KJK, Khususnya Acara bulanan yang diadakan setiap Jumat minggu terakhir ini.

Acara …
Malam tgl.04 Agustus ini, di pinggir danau kawasan Kampung Betawi PRJ, Lo kok di Pinggir Danau ? ya untuk bulan ini karena tempat biasanya di Selasar Gambir Expo akan digunakan PPI (Pameran Produksi Indonesia), maka untuk malam ini acara tidak diadakan di Selasar Gambir Expo tersebut, tapi Geser dikit ke Pinggir Danau … tapi tetap nge-Jazz kan rekan-rekan ? Tampil 4 Group:

Yang pertama tampil adalah group yang menamakan dirinya dengan:

Sentimental Reason
"I love you for sentimental reason" (tau dong rekan2 lagu ini) …. He..he..nama group-nya diambil dari cuplikan lagu yang dipopularkan oleh Nat King Cole itu ya …? Pertama kali saya melihat penampilan mereka pada waktu acara Jazz for Jogya di TIM yang lalu, wah asyik juga nich group, dengan drummer cewek Ara, Zinit pada Piano juga Cewek, Vokalis-nya juga Cewek, tapi semalam vokalis yang sebenarnya sakit tapi digantikan oleh Vokalis pengganti yang juga tidak kalah asyik Cewek juga, wahh tapi gue namanya lupa MasMo ? … serta 2 cowok, Aryo pada Bass dan Radit si penggila Tal Farlow pada Gitar.

Awalnya mereka ngeriii katanya main di KJK, karena KJK tempat-nya Jazz Banget …lo kok ngeri … kita baik-baik kok, dan jangan takut dech kita welcome banget kock dan cairr, betull nggak rekan-rekan ? Dan justru salah satu misi kita kan mewadahi group-group baru yang baru mau mulai tampil, dan di KJK lah tempat-nya sebelum kalian kemana-mana, silahkan dech main dulu di KJK bisa jadi ajang uji coba concert practice juga, jadi jangan ngeri ya rekan-rekan, dan mereka ngeri juga karena katanya Sentimental nggak Jazz-Jazz banget … Tapi saya lihat pada 2 x penampilan mereka di Jazz for Aceh dan pada waktu mereka tampil di La Piazza Sabtu lalu, unsur Jazz cukup kuat terasa dalam setiap lagu2 yang mereka bawakan, tapi biar makin nge-Jazz, saya kasih PR dech ke mereka "bawain lagu standart Jazz ya 1-2 lagu" karena mereka ini sebenar-nya biasa membawakan lagu mereka sendiri dalam setiap penampilannya dan mereka saat ini , sedang dalam tahap proses produksi nich untuk album perdana mereka, wah toubb nich, launching album-nya di KJK ya …

Untuk lagu pertama mereka membawakan "My Funny Valentine" yang aslinya adalah sebuah lagu ballad, tapi semalam menjadi sebuah lagu yang berirama Fusion dan asyik banget, dengan Intro yang sangat tidak terduga, dan ketiga lagu berikut-nya adalah lagu mereka sendiri yang asyik-asyik banget tapi judul-nya saya nggak inget semua nich (hayo rekan-rekan bantuin), nanti saya beli aja dech album-nya ya he..he… Yang pasti penampilan mereka memberikan warna tersendiri bagi acara KJK, dan bener-bener keringat dingin lo rekan-rekan, usai pertunjukkan ketika saya menyalami tangan mereka …he..he.. santai aja Radit Cs, main lagi ya kapan-kapan …. Thanks mau main di KJK.

Untuk penampil ke-2:

Most Famous
Ya group yang menamakan dirinya dengan Most Famous, saya langsung teringat dengan sebuah film musical yang berjudul AlMost Famous, film yang bersetting 70'an dan memang menceritakan kehidupan musical Classic Rock di era 70'an. Dan unik-nya penulisan group ini juga dengan kata AlMost Famous yang Al-nya di X gitu rekan-rekan. Dan ternyata benar, dari judul film itulah group ini mengambil nama Most Famous tersebut, dan entah mengapa alasannya ? he..he bebas-bebas aja kan, namanya juga Jazz.
Lagu-lagu yang mereka bawakan sangat beragam, dari "The Boys From Ipanema" karena yang menyanyikannya Ane Cewek sang Vokalis (yang rekan kita masmo melihatnya g berkedip coy, inget .. inget Mo), sampai lagu dari Sting yang dinyanyikan oleh Vokalis Cowok-nya Bang Roy, Oh iya semalam Most Famous ada 2 vokalis lo rekan-rekan, yang dua-dua-nya Asyikk banget, dan nggak heran mereka memang sudah bermain regular setiap Selasa di Marios Place Cikini. Jadi bagi rekan-rekan yang ingin melihat pertunjukkan mereka setiap minggu datang dech ya ke Marios Places setiap selasa. Apa komentar umum-nya bagi mereka … yang pasti Toub, rapih dan sangat menghibur, dengan 3 personil juga yang notabene adalah anggota group dari chlorophyl, yaitu Timor pada Drum, David pada Gitar dan Mardi pada Piano, serta … pada Bass, wah gue lupa, padahal gue dah nanya sama Manager-nya, sorry ya bro.

Thanks juga buat Most Famous yang mau main tampil di KJK, dan apalagi gratis ya he..he..Thanks Friends.

Setelah penampilan Most Famous, acara selanjutnya adalah:

Sharing …
Sharing Nich mengenai: Perlu tidak-nya sebuah Pendidikan Musik secara Formal, dan apa aja sich sebenarnya yang dipelajari didalam sekolah musik itu …
Karena sering banget pertanyaan seperti … perlu tidak sich sekolah musik ? dan kok main drum perlu S2 Sih ? dan banyak pertanyaan lainnya lagi. Maka-nya atas usulan rekan-rekan, khususnya dari gerombolan orang tua ambisius he..he.. siapa hayoookk, diangkat lah Tema Ini, dan bersyukur pula Indra Perkasa sang Master kita yang baru menyelesaikan program master-nya (setingkat S2) di Institut Musik Daya, berkenan menjadi nara Sumber dalam Tema ini, Thanks ya Indra.
Diskusi dimulai dari saya sendiri yang malam itu selaku host mengajukan pertanyaan2 umum tadi, dan Indra menjawab dengan jelas serta sabar secara perlahan namun mantab, yang pada intinya-nya adalah: YANG TERPENTING ADALAH MAU BELAJAR-NYA, Memang Sekolah adalah sebuah Jalan Pintas dimana dalam 3-4 tahun sudah jelas ada kurikulum, pembimbing dan prasarana lainnya yang mendukung, sehingga siswa boleh dibilang tinggal mengikuti kurikulum tersebut akan dapat lah hal-hal yang harus dipelajari dalam dunia musik. Sedangkan pastinya kalau tidak Sekolah, seseorang harus mencari sendiri buku-buku yang harus di baca, orang-orang yang mau di Tanya kalau lagi bingung mencari jawaban tentang sesuatu hal yang berkenaan dengan ilmu teori musik misalnya dan lain2, tapi bukan juga tidak mungkin Orang yang tidak bersekolah tadi bisa menjadi seorang Musisi/Pakar Musik yang andal, namun dengan perjuangan grilya serta ketekunan yang mungkin memiliki tantangan tersendiri.Dan didalam sekolah musik ternyata isinya bukan hanya main, main, main musik saja, bermain musik, atau nantinya hidup sebagai pemain hanyalah salah satu sisi saja didalam kehidupan musik, masih banyak hal lainnya, seperti sebagai pengajar (didalam sekolah musik diajarkan ilmu tentang ini/ ilmu pedagogi), bisnis musik, manejemen musik, musik teater, ilmu komposisi, dan bisa juga nantinya hidup sebagai penulis musik dll, banyak hal yang diajarkan dalam Sekolah musik, yang dapat sangat membuka pikiran kita, begitu luas nya bidang musik tersebut, dan yang pasti hidup di musik bukan hanya tertuju/focus pada hidup sebagai pemain saja, sangat luas rekan-rekan tutur Indra Perkasa sang Master Musik yang juga bemain Contra Bass, dan Indra juga adalah Bassis dari Group TPE yang sedang naik daun dan banyak digemari oleh kalangan Jazz Muda.

Dan ada pertanyaan2 juga seputar apa yang terpenting dalam Scoring Music, yang diajukan oleh rekan kita Arman dari kelapa gading, serta pertanyaan dari Om Benyamin, mengenai bagaimana misalnya seseorang yang sudah ber sekolah musik di tempat lain, kemudian misalnya ingin sekolah musik lagi di IMD misalnya ? pertanyaannya apakah Ilmu2 yang sebelumnya pernah dipelajari bisa ditransfer seperti pada sekolah umum/non musik ? Dan Indra Menjawab dalam hal ini contoh-nya pada IMD, ada semacam Replacement Test, yang nanti-nya usai mengikuti test tersebut, akan ketahuan orang tersebut, apakah bisa masuk langsung ke degree programe atau jenjang lain dibawahnya. Karena mengingat kurikulum pendidikan musik di Indonesia memang belum ada standarisasi yang jelas, makanya Test ini masih Efektif dilaksanakan.
Pokoknya asyik banget diskusi ini, dan Indra juga menjelaskan dengan sangat baik serta kerap menambahkan dengan cerita2/contoh2 yang sangat menarik yang membuat kita makin paham aja Dra … ya nggak Rekan2. Toub dech buat Indra, kita Insan musik Indonesia turut bangga memiliki Master musik seperti Anda, yang penting jangan sungkan2 dan bosan untuk sharing ilmu musik-nya di KJK dan tentunya juga dalam wadah2 yang lain diseluruh pelosok nusantara …. Ya nggak Indra. Banyak sekali sebenarnya rekan2 yang disampaikan oleh Indra, yang belum sempat dituangkan dalam tulisan ini, dan sayang juga karena memang juga nggak mungkin untuk mengupas dunia musik selama satu hari, apalagi hanya 45 menit, maka cukup sekian dulu dech sharing mengenai dunia musik ini. Paling nggak malam itu kita lebih mempunyai gambaran tentang sebuah Sekolah Musik itu …. Ya rekan-rekan … Thanks Indra.

Indra Perkasa Trio & Masako
Dan usai sharing Indra main lo bersama Trio-nya, Titi Syuman pada Drum dan Boyke pada Tenor Saxophone. Wah luar biasa nich Trio ini, benar-benar sesuai dengan background-nya. Penampilan mereka di awali dengan Billie Bounce-nya Charlie Parker, kemudian Nik Lick, karya dari Indra Perkasa Sendiri, kemudian Oleo nya Sonny Rollin dan pada lagu ke-empat mereka memanggil Guest Star, siapa lagi kalau bukan Masako, pianis Jepang yang sedang berlibur ke Indonesia dari tgl.4 Agustus s/d tgl. 18 Agustus rencananya berada di Indonesia, mumpung dech ya lagi disini, digaet aja main di KJK, makasih ya Titi,Indra,Merry,Boy yang mengajak mereka main ke KJK dan bersyukurnya juga Masako nya mau, thanks, Arigato … meskipun sejak awal beliau dah minta tolong untuk di beliin Autan he..he.. nyamuk kemayoran …pada saat naik panggung Masako agak kurang cocok dengan tingginya bangku yang tersedia, ditumpuk ketinggian, kalau Cuma satu kependekan, walhasil pake bangku bakso plastic gue dech, yang sebenarnya sehari-harinya biasa dipakai untuk menyeterika he..he… jadi bersejarah tuch bangku rekan-rekan. Wah Luar biasa banget nich permainan Masako, Roland RD 170 gue rasanya jadi enak banget he..he. setiap not yang dia mainkan asyik dan harmonis banget, dan yang g kalah serunya juga Body Language beliau yang cukup banyak dibahas, dengan gaya muter-muter-nya, banyak nich analisa mengenai ini … hayoookkk.Malam itu Masako membawakan 2 lagu, yang seyogya beliau awalnya hanya ingin bermain 1 lagu, karena kita sangat takjub banget dan berteriak more … more …(kayak nonton konser Rock aja) akirnya dikasih bonus dech 1 lagu lagi Pokoknya Trio dan akirnya Kwartet ini asyik banget, Ritem section nya asyik banget, ritem sekaligus berdialog antar Titi dan Indra, serta ditimpali oleh selipan not2 dari Boyke yang pas banget, improve masing2 personilnya yahuud banget, toub … toub dech, kata-nya trio ini lanjut lo, bagus dech, keluarin album ya, nanti launching di KJK juga he..he…

Dan sebagai penampil Terakhir:

ZArro
Yang dah punya satu album kereen, musik yang brazillian dengan antiknya menggunakan syair berbahasa Palu, wah keren nich album, g ada yang g enak. Enak semua, apalagi yang untuk rekan yang memang suka dengan irama latin, wajib punya dech, Mas Iman pasti dah punya dech ya …, dan Masmo juga beruntung dech tuch, malam itu mendapatkan 1 cd nya dari hasil menjawab satu pertanyaan Quiz. Oh iya rekan2, dalam acara KJK selalu ada Quiz2 nya lo seputar jazz, itung2 lewat quiz kita juga bermaksud untuk menambah wawasan seputar Jazz, sesuai dengan salah satu misi kita juga. Yang malam itu juga menambah hadiah Quiz adalah Joey(pianis) dan Tri Drumer dari group Dissonanth yang berasal dari Bekasi.

Malam itu Zarro membawakan 2 nomor yang diambil dari albumnya yaitu Dade kaka miu dan pose2, 2 lagu lainnya Masquenada, apa ya satu lagi gue lupa, apa mas Iman ? Malam itu Zarro ditemani oleh Ricky pada Bass, Timor pada Drum, dan Mardi pada Piano. Biasa nya Zarro juga ditemani oleh Joend pada Perkusi, namun malam itu Joend berhalangan Hadir. Dan ternyata Zarro memang sudah punya penggemar tersendiri ya, khususnya di KJK..

Usai penampilan Zarro, acara selanjutnya … lo masih ada acara ya …? Waktu sudah menunjukkan jam 23.00 lewat lo, masih ada rekan-rekan, apalagi kalau bukan Jam Session, suatu tradisi wajib dalam acara2 Jazz.

Jam Session
Format jam session pertama diawali oleh 3 anak muda calon Jazzer masa depan, Rio pada Gitar, Chaka pada Bass, dan Ilman pada Piano, dengan ditemani oleh Titi Syuman drummer dari Indra Perkasa Trio, dan mereka membawakan lagu dari Victor Young yang berjudul "Beatiful Love", seru ya jam session ini, dalam jam session inilah sering kita mendapat kejutan2, pengalaman baru dalam bermain, belajar mengenali permainan rekan baru kita, berdialog lewat not-not, dan banyak hal lainnya lagi yang bisa kita dapat dalam ber-jam session ini, makanya jangan sungkan2, ragu2 rekan2, tidak usah takut yang baru punya/bisa 1 lagu sekalipun, silahkan coba dech di Jam Sesion KJK, disinilah salah satu tempat/wadah kita belajar, 3 bulan berturut turut lagu yang itu2 juga, juga nggak pa2 kok. Sambil terus berlatih. Ok ya Ridwan, Abi, Teguh, Mas Trisnadi, Topaz, Fedy dan rekan2 yang lain yang belum pernah ikut Jam Sesion, bulan depan ikut ya … jangan takut2 … KJK'ers baik2 kok. Kita kan sama2 masih sama belajar ….

Format jam Session kedua Dede pada Gitar, rekan kita yang rajin banget nich datang ke KJK, dan besoknya lanjut lagi datang ke tempatnya GiG nya BQ di Paprika, thanks ya De, dah setia datang terus dan mensuport acara2 KJK, Kemudian Ipung Pada Bass, Mas Iman pada … apalagi kalau bukan Harmonica andalannya dan ditemani bintang malam itu Kang Emen Kohar pada Piano. Format jam session kedua tidak pakai Drum nich rekan-rekan, ya inilah Jazz sendiri jalan, berdua jalan, nggak pake drum juga jalan he..he… dan ternyata peserta jam session Format kedua yang membawakan lagu Days wine and roses ini luar biasa penampilannya khususnya Mas Iman, dan siapa lagi kalau bukan Kang Emen Kohar dengan gayanya yang unik saat menekan tuts piano, wah … langsung banyak penggemar lo Kang Emen. Dan akirnya untuk lagu Jam session berikut yaitu "All the things U are" masih dimainkan oleh format jam session ke-2 ini dech. Yang nggak kalah seru juga, itu si Ipung ma Dede akrab and mesra banget liat REAL Book nya,nggak sekalian pangku2 an tuch ..he..he… bercanda lo …. Dan dengan berakirnya lagu All the things u are, berakir pula acara resmi kita, lo kok pake istilah resmi, ya itulah susunan acara yang tertera dalam rundown, namun acara tidak resminya yaitu ngobrol2 masih lanjut terus rekan2, yang pasti saya baru jam 1 pagi lewat dech pulang dari Gambir Expo, tapi masih seger lo he..he kayak masih jam 8 an gitu … sungguh dech …

Ok, rekan-rekan lama, baru (kalau di KJK sama aja), Om Leles, Om Widodo dari Jakarta Jazz Society, Pak Samboedi, Pak Rudy, yang selalu setia datang ke KJK serta rekan-rekan media Nads dari Pressident Post, Kang Endang dari TPI yang meliput acara kita semalam, serta kami ucapkan terima kasih juga untuk Warta Jazz, Horizon-Line yang selalu membantu menyiarkan acara kita lewat dunia cyber-nya, Pokoke semuanya yang telah mendukung terlaksananya acara bulanan ini, Saya atas nama KJK mengucapkan banyak-banyak terima kasih, jangan lupa tanggal 25 Agustus ketemu lagi ya.


Salam Jazz
KJK

Nb:maaf ya rekan2, kalau ada salah2 kata, mohon koreksi … belum tidur euyy, tapi untuk Jazz bangun terusss…

Np: All of me - John Pizzareli

Lihat juga Komunitas Jazz Kemayoran: About | Report Kegiatan

Suka halaman ini? Beritahu teman: