Home > Komunitas Jazz Kemayoran > Report > Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-041

Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-041

Buka Puasa Bersama Komunitas Jazz Kemayoran di Wisata Makanan JACC
29 September 2007

Siapa yang dapat menduga, kalau ternyata sebuah komunitas Jazz yaitu: Komunitas Jazz Kemayoran yang boleh dibilang tanpa sponsor, bahkan secara kasar kalau mau dibilang "Tidak punya dana, atau alias nggak ada duitnye" dapat terus mempertahankan eksistensinya sampai dengan saat ini mengadakan acara bulanan yang ke 41. Berati boleh dibilang umurnya = 41 bulan = 3 tahun 5 bulan. Alhamdulillah, hal yang sangat patut disyukuri, hal tersebut salah satunya dapat terwujud, tidak lain, tidak bukan, karena kami punya tekad yang kuat untuk terus menyiarkan musik Jazz di bumi tercinta ini, dan tentu-nya kami punya satu kesamaan, yaitu CINTA JAZZ. Memang dengan modal punya CINTA, segala sesuatunya menjadi terasa mudah dan ringan, dan mengerjakan segala sesuatu karena cinta, semuanya jadi terasa menyenangkan … setujuuuuu.

Dalam pertemuan ke-41 kali ini, sengaja karena bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, jam pertemuan yang biasanya dimulai jam 7 malam di majukan menjadi 15.30, dengan harapan tepat jam 17.51 nanti kami akan berbuka puasa bersama, menjadi hikmat bukan, dan tentunya juga hal ini akan terus mempererat hubungan tali silaturahmi kami sesuai dengan salah satu tujuan kami yaitu, Silaturahmi lewat musik Jazz. Dan ini adalah kali pertama kami mengadakan pertemuan pada sore hari, jadi awalnya kami berharap cemas … pada bisa datang nggak ya ? atau jangan-jangan sepi nich … atau jangan-jangan banyak rekan-rekan yang memilih untuk berbuka puasa bersama keluarga aja. Semua hal yang kami pikirkan, bisa saja terjadi. Namun kekhawatiran kami terlalu berlebihan, ternyata mulai jam 3 waktu setempat (Wisata Makanan), beberapa rekan mulai berdatangan, dan tepat Pukul 15.45, dimulailah acara pertama sesuai dengan rundown, yaitu, Workshop Jazz bersama Khrisna Siregar, yang tak lain adalah pianis dari group Story Teller, yang belakangan ini banyak melakukan konser diberbagai tempat, dan mempunyai warna musik yang khas dengan komposi-komposisi milik sendiri. Dan secara pribadi, Khrisna Siregar adalah seorang Jazzer yang memang sangat kerap dan senang melakukan sharing, selain masalah teknik, teori jazz juga sharing mengenai proses belajar yang dia pernah alami dimasa lalu, maupun pengalamannya seputar kehidupan Jazz.

Tema Workshop hari itu adalah, sesuatu yang simple, ujar Khrisna, yaitu masalah Menghitung (Triplet & Swingin) yang pada kenyataannya memang terlihat simple namun sangat penting, untuk pemain yang ingin mencoba nge-Jazz, pokoknya seru dech rekan-rekan. Khrisna dengan gaya-nya yang khas menjabarkan segala sesuatunya mengenai menghitung "Swingin" ini.

45 menit telah berjalan, dan usai Khrisna menjabarkan masalah Count off ini, acara berikut adalah, apalagi kalau bukan Performance, dan sebagai penampil pertama adalah sebuah group yang memang sudah cukup popular dilingkungan KJK, yaitu Jazzyphonic yang memang sedang menjalankan proyek Jazzyphonic StrikeBack -nya. Dan kali ini Jazzyphonic hanya tampil bertiga alias Trio, karena sudah beberapa bulan ini Jazzyphonic ditinggalkan oleh Gitarisnya Randy yang sedang berada di negeri kanguru untuk menimba ilmu bisnis … lo kok bukan musik he..he..
Sore itu Jazzyphonic membawakan 3 buah lagu.sebagai lagu pembuka Come together-nya the beatles yang diaransemen ulang dengan pendekatan Jazzyphonic yang khas (Fusion, Funky). Pada saat membawakan lagu terakhir cukup unik, yaitu pada saat membawakan Tenor Madness, Group yang selanjut akan bermain yaitu Vodka, beberapa personilnya naik ke atas panggung seakan untuk berjam session dengan Jazzyphonic, dan secara berangsur nanti kedudukan Jazzyphonic tanpa jeda digantikan oleh Vodka. Dan setelah berkoloborasi Vodka yang sore itu tidak tampil dengan format utuh, maksudnya hanya ada 2 personil asli Vodka yaitu Roberto (piano) dan Sandy (Drum), sedangkan yang lainnya Tarkam (bukan hanya di sepakbola aja ada Tarkam, di Jazz juga ada he..he..) Ricky membantu pada Bass, dan Fido pada Alto Saxophone, membawakan sebuah lagu instrumental lagi, waduh judul-nya lupa … Dan usai lagu ke-2 ini Adzan Maghrib terdengar, dan langsung dech Kami berbuka puasa bersama … hikmat juga … asyik juga … ngabuburit nge-Jazz, puasa jadi tidak terasa ….

Usai berbuka puasa bersama, dan rekan-rekan telah melaksanakan ibadah sholat Maghrib, 18.30 acara dilanjutkan dengan penampilan berikut-nya yaitu Sonny cs. Atau Sonny Vokal, harus pakai embel-embel Sonny Vokal, karena sementara ini ada 3 Sonny di KJK, yaitu, Sonny Vokal, Sonnya Piano, dan Sonny Alloy Photografer kita yang tanpa lelah potret sana-sini he...he…Makasih Mas Sonny, Dokumentasi KJK Jadi lengkap.

Pada penampilan awal-nya Sonny cs. Hanya tampil ber-tiga dulu, memainkan suatu nomor instrumental, Bilal pada Drum, Fikri (gitar) dan Aldi pada Bass, dan untuk lagu kedua, barulah Sonny selaku coordinator tampil kedepan, bergabung bersama rekan-nya dan langsung menyanyikan Route 66, dan pada lagu terakhir membawakan Fly me to the moon. Sebelum menyanyikan lagu Fly me to the moon, Sonny sempat bercerita terlebih dahulu, "Fly me to the moon adalah lagu pertama saya belajar berkenalan dengan Jazz, dan ketika pada saat proses belajar berlangsung, anak ke-2 nya lahir, langsung dech anaknya diberi nama Flyme he..he…ini kisah nyata lo, muantab kan namanya.

Usai Sonny cs. Tampil, acara berikut adalah Jam Sesion, bukan acara Jazz kalau tidak ada Jam Sesion-nya ya nggak ? dan peserta jam session pertama adalah Dimaz pada bass, Sandy pada drum, Anggie pada piano, Dede pada Gitar dan kepala suku KJK Beben pada Vokal, membawakan 2 lagu secara berturut-turut, yaitu Just Friends dan It had to be U (lagu langganan beben nich kata rekan-rekan he..he.. abis request pemainnya juga itu sich ….), dan untuk lagu ke-tiga Beben berduet dengan Carolina Kamarie yang notabene masyarakat umum non-Jazz lebih mengenalnya dengan Carolina Dewi-Dewi, pada vocal juga menyanyikan lagu Night and Day nya Cole Porter, wah ada yang ngiri tuch senyum-senyum he..he..terutama Mas Sonny Photografer he..he… makanya duet juga Mas …(becanda lo Mas). Usai menyanyikan lagu Night and Day, Carolina Tampil Sendiri menyanyikan Duke's Place dengan Intro Sandy melakukan solo drum yang menantang, kemudian disambut dengan Vokal Carolina yang khas, renyah, sexy, artikulasi yang baik serta dengan pelapalan lirik yang cepat, tentunya tempo lagu menjadi sangat Up Tempo, namun asyik dan semuanya jadi bersemangat terbawa suasana, wah kerren nich Duke's Place-nya (ditunggu lo album solo Jazz-nya Carolina …). Dan Format Jam Sesion terakhir, nggak syah rasanya kalau Khrisna Siregar selaku Clinician hari itu tidak ikut tampil, dan Khrisna ditemani Jazzer-Jazzer muda/masa depan, Sandy pada drum, Dimaz pada drum dan Fido pada alto sax, membawakan dua buah lagu secara berturut Billie Bounce dan Mr.PC, asyik …? Pasti Ayikk, boleh dibilang bukan bermaksud mengenyampingkan penampilan yang lain, acara puncak malam itu adalah Sesi Jam Sesion, suasana Jam Sesion begitu rileks, meriah dan sangat bersemangat. Dan yang tak kalah seru juga adalah Quiz Jazz ala KJK yang berhadiah 5 pin KJK sumbangan dari rekan kita Arman, Ma kasih Man.

Tepat pukul 20.04 acara Usai, dan memang harus usai, karena setelah acara KJK, ditempat yang sama Wisata Makanan JACC, akan diadakan acara menggalang dana untuk Bengkulu oleh Bibir Plus SCTV.

Alhamdulillah acara berjalan sukses, dan kekhawatiran akan sepi pengunjung tidak terwujud. Dan terima kasih untuk rekan-rekan yang menyempatkan hadir, tanpa support kalian KJK tidak akan sampai sejauh ini, Dan kami ucapkan pula terima kasih yang sebesar besarnya, untuk Bapak Ivan selaku pengelola, pemilik tempat Foodcourt Wisata Makanan JACC, yang dengan sukarela dan Ikhlas menyediakan tempatnya, dan ini adalah kali ke-3, KJK mengadakan pertemuannya di Wisata Makanan. Dan pasti tak lupa juga Terima kasih untuk Bapak Rudi yang telah mensupport lewat Sound Systemnya yang asyik banget … jangan bosan-bosan ya Pak … membantu KJK he..he…

Ok rekan-rekan, sampai berjumpa di pertemuan KJK yang ke-42 ya

Lihat juga Komunitas Jazz Kemayoran: About | Report Kegiatan

Suka halaman ini? Beritahu teman: