Home > Komunitas Jazz Kemayoran > Report > Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-067

Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-067

Angka 67, mengingatkan angka kelahiran saya he..he..he … bisa dihitungkan umur berapa saya sekarang. Beragam panggilan untuk saya, dari mulai Mas Beben, Om, Kak, Bang, Bung Aki dan Banyak yang tetap memanggil Beben saja tanpa melihat perbedaan usia, yang pasti tulisan ini tidak membahas umur saya, atau sebutan yang paling pas untuk saya, tapi pastinya tulisan ini untuk sebuah reportase atas usulan teman2 khususnya Cak Hend agar saya menulis lagi sebuah report yang sudah menjadi Tradisi KJK usai dilangsungkannya setiap pertemuan KJK, Ok Thanks rekan-rekan untuk mengingatkan saya lagi.

KJK 67 Luarrrr biasa, kita sudah sejauh ini 5 tahun 7 bulan. Beberapa hal sudah kita capai, namun menariknya selalu tiap bulan dalam pertemuan KJK tetap ada KJKer's baru bergabung seperti Mas Yudi motivator bass Frankie Sadikin di masa awal2 belajar Jazz Bass dulu, Ada Adi, Tanu calon gitaris masa depan, ada Weri drummer yang kangen banget pengen nge-band, muridnya Mas Edi Syahroni yang biasanya main sendiri2 aja, akhirnya mas Edi merekomendasikan untuk gabung ke KJK (Ma kasih Mas Edi), pokoknya selalu ada yang baru di KJK.

Sudah 3 pertemuan belakangan ini, saya sengaja untuk membatasi jumlah Band yang tampil agar tidak terlalu banyak seperti bulan-bulan sebelumnya yang sampai 10 group an, bayangkan !!! jam 12 Malam masih ada yang perform, belum jamin-jamin, dan akhirnya setelah 10 group main, nggak kebagian dech sesi Jam Session yang juga di tunggu-tunggu. Jadi pembatasan jumlah performer ini, tidak ada maksud lain, hanya biar Jam Sessionnya agak Panjang begitulah rekan-rekan ….

Nach 2 bulan terakhir ini, seru Jaminnya malah + Workshop, seperti bulan lalu dari 18.30 sambil menunggu KJKer's lain datang, kebetulan Group Lani & Friends dah datang sebagian ditambah KJKer's lain yang sudah datang, semuanya naik panggung dech, sebagian di pinggir panggung, mulai nyobain Main Blues 12 Bar, sampai ada yang mau coba It's only paper moon, group dibangun secara perlahan, nyobain trade four, coba buat ending, terus sampai pada nggak mau berhenti dech …

Bulan ini juga demikian, langsung jam 7 an saya naik stage, kebetulan Sandy Drummer dah datang, Demank Bass dan 2 rekannya dari Laconiek Oppie Gitar, dan Fajar Saxophone, dah Aman dech kita bisa mulai Jamin + Workshop Ensemble lagi, sayang nggak ada pianis sich, tapi the Jam Session harus terus berjalan. … Saya sendiri memimpin jalannya Jam Session, sambil nyanyi dan nyobain main trumpet dech he..he.. mumpung masih sepi, dan lagi gitar dah ada Oppie kan, Mulai dech dari lagu kebangsaan It Had to be U, Night and day, sampai Pas C-Jam Blues, datang Mas Hendra Saxophone Direktur Metro data yang kalau lagi stress selalu nge-Jazz, sama Mas Sonny General Manager Aruitmin yang kemana-mana bawa flute dan Trombone, langsung dech mereka bergabung, dan di sesi C-Jam Blues ini, namun sebelum mulai lagu ini, semua tukang tiup saya kumpulkan di satu sudut/tempat, dan biar seru yang ngambil tema Tukang tiup semua mumpung temanya Cuma 2 Not jadi gampang ngaturnya he..he…Tapi seru loh terlihat dan kedengarannya jadi mini bigband gitu, dan penonton langsung memberikan applause yang sangat meriah dibandingkan sebelumnya, pas 2 not tetet .. tetet ..tetet tet ..tet dibunyikan he..he.. dan khusus dilagu ini semua tukang tiup yang wajib ambil Improvisasi,, dan trade four juga dilakukan oleh para tukang tiup. Oh iya lupa di lagu ini juga bergabung KAtno Gitaris yang sudah lama menghilang, anggota KJKer's dari Tg.Priuk yang datang bersama 5 orang temannya 4 cowok satu cewek yang lagi mau diracunin Jazz Katanya, just info, Katno ini adalah Gitarisnya Dissonanth salah satu group yang berdiri pada awal2 KJK Dulu, Selain D'Etudian, Beben Quartet dan F+2 he..he.. Met Datang Katno, kayaknya dia kangen banget nge-Jazz, Met datang BrO …, dan nanti ditengah lagu Juga Irman Kjker's ikut bergabung yang saya minta menyanyikan lirik dari DUKE PLACE, dan seperti kita ketahui DUKE PLACE adalah notabene lagu C-JAM BLUES yang dinyanyikan, Seru kan Irman ….
Jam Session ini terus berlanjut sampai kurang lebih Pukul 9 an, sebelum di tutup 2 penampilan Vokalis Joe yang menyanyikan lagu Let' Fall in love dan Moodys Mood, serta Kanya Vokalis Jazz Cilik Manis, yang juga presenter cilik yang datang sama keluarganya, menyanyikan lagu Summertime di Bm, yang dia dengar pertama kali dari Coco D'or katanya, Ok juga loh penampilannya, sudah 3 x saya ketemu dia, 2 x di essence apartment dan ini adalah penampilan perdananya di KJK, dan nanti dia bersama band-nya akan tampil lagi. Oh iya, dalam 2 penampilan terakhir ini, pianis Khisna Siregar (Story Teller) ikut bergabung, pas dech lengkap ada pianisnya.

Usai Jamin, langsung dech saya panggil group pertama yang akan tampil, yaitu group yang menamakan dirinya dengan Coffe Shop, ada Ade Siregar pada Vokal, Indra pada Bass, Hendra Saxophone, Venda Gitar dan Sandy pada Drum mereka membawakan lagu dari yang swing, Jazzy sampai ditutup sama lagu yang ngetop banget di tahun 80 an SPAIN, wah jagi inget di tahun2 itu kayaknya kalau ada group yang bisa bawain SPAIN rasanya dah kereen banget he..he..

Kemudian Group ke-2 Lani Rangga tampil, Lani Rangga adalah group yang dimotori oleh Lani Vokal dan Rangga Gitar, dan ditemani oleh rekannya Dame pada Bass yang juga bermain piano, serta Drumer (wah lupa namanya, Cuma inget kribo rambutnya), mereka tampil membawakan lagu-lagu sendiri, serta terakhir ditutup dengan lagu dari ST-12 yang diaransemen ulang, dan dalam lagu ini Dame tidak bermain bass tapi pindah ke piano, seru juga. Belakangan Lani adalah vokalis yang sering tampil dan datang dalam pertemuan KJK dengan berbagai format … hayokk terus maju Lani.

Kemudian Group ke-3 Kanya and Friends, gadis cilik 11 tahun yang penuh bakat, yang hari itu lagi pilek sebenarnya, tapi tetep ngotot datang ke KJK, ditemani oleh kedua orang tuanya serta 2 kakak prianya yang juga main musik. Kanya membawakan lagu dari New york2 sampai Spain lagi, Saya kenal and tahu Kanya, berawal dari perayaan hari anak Indonesia di dufan, waktu itu dia jadi Hostnya, dan ternyata dia dan keluarganya suka Jazz, langsung saya undang dech ketemu di Essence, dan waktu itu dia tampil dari mulai menyanyikan lagu summertime, new york2, sampai nyanyi spain juga. Dan setelah itu langsung saya undang untuk tampil di KJK, dengan di iringi pemain dari KJKer's juga. Sangat menghibur menyaksikan penampilan Kanya, dengan suaranya yang khas dengan gaya yang centil menawan. Kapan2 mesti lihat dech pokoknya penampilan dia.

Group ke-4 Ade & Friends, Nota bene hampir sama dengan Format band yang ada di Coffeshop hanya beda drummer saja, dalam group ini Weri yang jadi Drummer nya, seru kan Weri ?, akhirnya nge-Band juga, sangat menarik melihat semangat dari seorang Weri, dia tampil begitu antusias dan semangat namun masih terasa belum dapat terus katanya, masih belum berani, pas berani ngaco katanya he..he.. tenang Weri terus aja latihan dan nge-Jazz, kita semua juga pernah merasakan hal itu pada waktu awal2 ngeband jazz, mungkin lebih parah, dan perasaaan itu juga mungkin masih ada sampai sekarang, yang penting just play nikmatin aja …. Prosesnya.

Seyogyanya ada 2 group lagi yang tampil, Ridwan and Friends, namun batal tampil karena sang Drummer Mas Seno, ada job mendadak bersama KoesPlus. Just Info Mas Seno ini sekarang yang suka ada dibelakang bedug inggris, kalau Yon Koeswoyo lagi manggung, dah tertarik ma Jazz nich Mas Seno … kapan2 jadi tampil ya.

Dan Group satu lagi, sebenarnya saya mau tampil duet bersama Ade Irawan sang pianis muda yang sangat berbakat, tapi batal tampil karena Ade diajak main sama Mas Agam Hamzah nge-blues di Four Season. Yah sudah dech nggak jadi main, akhirnya acara dilanjutkan lagi dengan JAM SESSION.

Jam Session kali ini lebih seru lagi dibandingkan yang dilakukan pada awal2, dan pengunjung para kjker's makin ramai, ada Mas Iman Budi Santoso, ikut bergabung sebagai pembuka Jam Session yang membawakan lagu One not Samba, terus berlangsung seru, Ada Dian New Vokalis yang baru mau mencoba menyanyikan lagu Jazz, " Jazz enak katanya kalau di nyanyikan, walaupun untuk mendengar belum dapet2 banget asyiknya", terus aja Dian, nanti juga lama2 makin suka he.he…, sampai akhirnya Jam Session ditutup oleh penampilan Carolina Kamarie yang usai merambah dunia industri musik dan akhirnya kembali kempung halamannya … JAZZ. Carolina menutup manis Jam Session dengan L.O.V.E yang dibawakan secara FUNK khas Carolina ….

Demikianlah reportase pertemuan KJK Ke-67 rekan-rekan, sampai berjumpa lagi ya di Pertemuan yang ke-68 masih di tempat yang sama JACC TANAH ABANG FOODCOURT WISATA MAKANAN LT.1 START JAM 19.00
Mohon maaf kalau ada salah2 tulis ya.

Thx,
Salam,
Beben Jazz

Lihat juga Komunitas Jazz Kemayoran: About | Report Kegiatan

Suka halaman ini? Beritahu teman: