Home > Komunitas Jazz Kemayoran > Report > Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-068

Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-068

Ke-68 sudah !!!, kita mengadakan acara pertemuan bulanan rutin ini, dan yang menariknya selalu ada surprise, dan selalu ada aja yang baru, anggota baru, personil baru dan suprise2 lainnya … inilah Dinamika Komunitas.

Salah satu suprisenya adalah kemunculan Mona, wanita pertama di KJK yang hadir di masa lalu sejak pertemuan pertama pada 17 Maret 2004, diantara 13 anggota lainnya saat itu, tiba2 muncullah Mona yang beberapa bulan belakangan ini menghilang (Pa Kabar Mona ? kemana aja nich), dan Waktu masih menunjukkan Jam 7 saat itu, dan langsunglah Mona bergabung dengan New Comers2 yang baru 1 , 2 x datang ke KJK, ada Aniska dan Keluarga (Bung Ican dan Mbak Ulli orang tuanya, temen kuliah gue nichh …he..he ketemunya di KJK sekarang), ada Tanu, Adi, Tope, dan Michael alias Pay, 4 gitaris muda yang sedang seru membahas Scale dan lagu tertentu, wah seru juga ya. Dan Tanu yang sudah merasakan nikmatnya Jamin waktu di Mall Ciputra Selasa lalu, belum ditanya langsung berseru "Kak nanti boleh jamin lagi g ? mau main C-Jam Blues nich ….? Tentu saja boleh Tanu, dan inilah salah satu tujuan KJK didirikan, sebagai tempat belajar …Semangat banget nich Tanu anak Kampung Irian, yang rumahnya beda Gang doang dengan saya di Kemayoran … , dan saat itu telah hadir juga Alamsyah anak London School yang sedang mengerjakan tugas akhirnya akan mengupas habis KOMUNITAS JAZZ KEMAYORAN, padahal tadinya dia mengajukan 3 judul ke Dosen Pembimbingnya, membahas Indofood, Prudential, dan KJK, akhirnya Dosen nya memilih mengusulkan KJK saja, unik katanya … he..he..jangan2 Dosennya Buaya Jazz nich …
Gabung dech kita semuanya sambil menunggu jam 8 Malam, ngomongin apa saja seputar Jazz … kemudian ikut bergabung pula Stanley Saxophonist KJKer's yang sudah lama menghilang, yang bergabung ke KJK dari belum nikah, sampai sudah nikah dan sekarang tau2 dah muncul ke KJK membawa keluarga dengan si Kecilnya yang Imut dan lucu banget …. Bakal jadi Anak Jazz nich. Dan hadir pula Irman yang membawa salah satu anaknya, dan saya bilang "kalau bawa 3 anak pulang max jam 10, 2 anak jam 11, kalau satu anak yang paling gede lagi, bisalah sampai jam 12 malaman ya Irman he..he…"

Ok, langsung saja waktu sudah menunjukkan pukul jam 8 malam, keasyikan ngobrol nggak mulai2 nich jadinya. Sebagai penampil pertama Aniska Pianis muda berbakat, cantik, manis yang sebelumnya hampir saja tidak jadi tampil karena mendadak Sabtu paginya sakit radang tenggorokan, namun dengan semangat yang luar biasa dan juga dengan support kedua orang tuanya, tetap memutuskan tampil, malah siangnya mampir dulu ke Kemayoran berlatih 1 jam, luar biasa nich keluarga jazz juga. Aniska tampil ditemani Saya, membawakan 2 lagu, untuk lagu yang pertama, "All of me" dengan Aniska yang memainkan Tema, kemudian kami masing2 berimprovisasi secara bergantian 1 chorus 1 chorus, kemudian juga melakukan Trade Four,setelah itu Tema lagi dan selesai, simple tapi sangat menyenangkan. Lagu kedua "How Insensitive" lagu dari A.Jobim, untuk lagu ini Tema saya nyanyikan, dan dilanjutkan dengan Ber-Improvisasi lagi secara bergantian, nyanyi lagi dan selesai. Nach 2 lagu aja cukup dech, buat penampilan Aniska pertama di KJK ke-68, sebagai pembuka. Pokoknya mau sendiri, berdua, Trio, Kwartet dll. Hayoo dech rekan2 coba latihan tampil, dan disiapkan 1 lagu dulu juga nggak pa2, Pokoknya jadikan ajang KJK ini, untuk mencoba lagu, latihan group, apa saja dech yang penting KJK bisa bermanfaat, and jangan ragu2 and jangan malu2.

Sebagai penampil kedua, adalah Lani & Rangga, duo Vokal dan Gitar, yang untuk ke-2 kalinya tampil di KJK, dan sering membawakan lagu2 dari mereka sendiri yang sangat catchy and gruvy banget. Sebagai pembuka mereka membawakan lagu yang berjudul "Sugar" dan dilanjutkan dengan "Langit Cinta" yang menurut sang Manager dah di download/dikunjungi 1000 orang di facebook mereka, dan selain lagu mereka sendiri, mereka juga membawakan 1 lagu dari Parkdrive "Diatas Awan", ok makin kompak aja mereka, dan makin percaya diri, hayoo dech terus berkarya Lani and Rangga. Kendati hanya berdua ok banget lo mereka, tidak terasa kosong, menambah library format duet nich setelah Endah & Rhesa, di KJK ada juga Atar & Rahel, Gorga & Asep, Tesla & Demank, Bayu & Tesla duet dari Bandung yang pernah tampil di KJK, pokoknya nge-Jazz berdua aja jadilah, jadi inget Tuck and Patty dech Luarrr biasa …

Usai Lani and Rangga, sebagai penampil ke-3 adalah Andrew Project, Andrew sang leader adalah Drumer yang masih menimba ilmu musiknya di IMI, dan sebelumnya juga dia pernah tampil di KJK bersama groupnya WAR yang pada tahun 2009 baru2 ini, memenangkan Festival Musik Asia Beat di Yokohama Japan, luar biasa. Tapi kali ini dia tidak tampil bersama WAR, tapi di temani oleh Nike (Piano) teman kuliahnya di IMI, dan Eko (Gitar) serta Agan pada Bass. Andrew Project malam itu membawakan lagu Night and Tunisia dengan aransemen mereka sendiri, yang penuh perhitungan dengan itungan yang nggak lurus2 aja … kayak gimana tuch … he..he.. pokoknya ribet dech, Tanya Joe dech detailnya, Andrew adiknya dia nich ….Muantab. selain Night and Tunisia, mereka juga membawakan lagu2 dari mereka sendiri seperti "Cendol, Pisang Goreng, Permen Karet Rp.3.500.- saja" tak lain adalah ciptaan dari sang Pianis Nike yang malam itu bermain dengan sangat asyik banget, selain tampil Manis, Nike mainnya Soulfull banget, ini adalah penampilan pertama Nike di KJK, Hayo Nike tampil lagi ya di KJK berikut. Satu hal yang saya rasakan ketika mereka tampil selain perasaan kagum hinggap juga perasaan Haru dalam hati berkata " Gilaa anak2 muda Indonesia ini, banyak banget yang sangat berbakat" masih muda dah ok, berbakat, belajar lagi … toub dech. Hayoo harumkan nama Indonesia lewat musikkk yang penting Konsisten dan belajar terusss ..

Sebagai penampil ke-4 adalah MR.Yudi and Friends nich, yang pada hari Selasa-nya sedikit saya paksa untuk tampil, Sesungguhnya Mas Yudi memang sudah sangat bersemangat untuk tampil di KJK, namun masih ragu2, kemudian belum ada teman lagi katanya, mau main sama siapa ? gampang Mas soal teman sich … kebetulan Mas Yudi setiap selasa selalu ke rumah saya, dan pada hari selasa juga selalu berkumpul Team Tukang Nonton film Jazz seperti Ius dan Joe, dan saya bilang Mas Main saja sama Ius pada Piano, dan Joe pada Drum, jadi dech Trio, tapi ternyata malam itu mereka ditambah sama satu Gitaris Oji namanya temannya Joe, akhirnya jadi dech kwartet dadakan malam itu yang membawakan lagu "Mr.PC dan Autumn Leaves" wah boleh juga tuch Mas Walking Bass nya dah Jalan dan muantab, masalahnya Mr.Yudi pertama kali ketemu saya selalu penasaran menanyakan soal Walking Bass, dan malam itu Aman dan Lancar, pake Solo Bass Segala lagi … toub. Tanggal 2 Januari tampil lagi ya Mas Yudi. Malam itu juga Mas Yudi di Support oleh istri tercinta dan JazzCa sang Anak yang sebelum datang ke KJK mereka resepsi dulu, namun tetap di bela2 in datang ke KJK. WAH keluarga Jazz lagi nich.

Sebagai penampil selanjutnya harusnya masih ada Laconieck yang malam itu batal tampil karena 2 personilnya ada Job di tempat lain, Mas Hari Tuledo yang juga batal tampil karena mendadak harus tampil bersama Nita Ardsen (betul g tuch ya nulisnya). Namun surprise yang sebelumnya bilang nggak bisa tampil karena ada acara, Tiba2 muncul 1 Group yang menamakan dirinya "JACKET POTATO" yang baru saja mengeluarkan album yang berjudul "RHYTHMN OF LIFE", wah surprise juga nich penampilan mereka. Gihon Lohanda (gitar, vocal), Mikha Henubau (bass), Handy Salim (drum), Yoanne Theodora (Piano), yang malam itu tampil membawaka 3 lagu yang diambil dari album baru mereka "Rhythmn of life", "The Sky" dan "Thx Boss", seperti apa ya musik mereka, dah pasti aliran, gaya musik mereka adalah Fusion di album ini, yah seperti gabungan antara "Four Play, Yellow Jacket di tambah dengan sentuhan dari mereka sendiri yang khas dengan gaya mainnya yang khas, Gihon dengan Gitar antara fusion dan swing, serta scat yang unisono dengan gitarnya, Mikha yang konsisten banget aman, gruvy pada bass, Handy yang selain jaga gawang, atraktif banget dengan drumnya tapi tetap mensupport harmony, Yoan yang bermain dengan penuh perasaan, dengan body language yang khas, dan tentunya sound2 yang khas menbambah ciri untuk musik mereka, Pokonya muantab dech, Saya langsung beli 3 CD mereka 1 buat saya sendiri, dan 2 buat temen, karena asyik banget sich, ada group Indonesia kayak gini mainnya, apalagi di rekamannya, toubb dech pokoknya, yang belum denger and liat mereka main mesti menyaksikan kapan2, yang pasti kalau yang mau beli CD-nya masih ada 6 buah disaya @ Rp.25.000,- saja. Toubbb … thx ya kalian mau main di KJK. Kapan2 tampil lagi jangan bosannn … ngomong2 saya juga suka Jacket Potato loh, dulu pagi2 waktu masih kerja di BanK Surya Kuningan, di sebrangnya kan ada Wendys, nah sarapan pagi-nya saya sering banget mesen Brocolli Chese yang kejunya meleleh itu loh … tapi di tempat Gihon cs nongkrong (di In Addition) nama makanan sejenis Brocolli chese itu dinamakan Jacket Potato, bentuknya sama, nach dari situlah nama Jacket Potato diambil, ada-ada saja he..he.. yang penting enak di sebutnya catchy, dan yang lebih penting lagi musik-nya enak, nggak tahu dech malam itu terjual berapa tuch ya CD-nya, saya liat banyak KJKer's yang pulang menenteng CD Mereka ….

Usai Jacket Potato tampil, tibalah saatnya waktu berjam Session …Tanu, Demank, Andrew, Joe, saya, Gihon, David, Anggie dan rekan lainnya tampil, secara bergantian, ada juga yang terus stay di panggung. Ditengah tengah jam session berlangsung … eh tiba2 muncullah Mas Hari Tuledo dengan manager barunya Tere yang usai main dengan Nita Ardsen, wah kejutan juga nich Mas, masih mau nyempetin datang … thx. Akhirnya sebagai lagu penutup di Jam Session, Mas Harry Tuledo tampil Trio dech ditemani GIhon pada Gitar dan Andrew pada Drum, wah seru banget. Mereka membawakan So What dengan gaya Swing to Funk wah kayak apa tuch ya … Tanya dech sama rekan2 yang menyaksikan malam itu …. Pas Jam 24.15 KJK 68 selesai, rasanya sebagian rekan masih banyak yang enggan beranjak dari tempat duduknya, woi .. pulang woi he..he.. biasanya dari JaCC, Mampir lagi nich ke Sabang makan roti baker, kopi Joz atau soto Ceker, tapi Ben Sebastian anak tercinta dah nelphone in papa nya terus nich dari rumah … Kapan2 ikut aja ya Ben sama Mamahnya he..he… Ok. Sampai ketemu lagi ya di KJK ke-69 pada tanggal 2 Januari 2010 di waktu dan tempat yang sama.

Salam,
Beben Jazz

Lihat juga Komunitas Jazz Kemayoran: About | Report Kegiatan

Suka halaman ini? Beritahu teman: