Home > Komunitas Jazz Kemayoran > Report > Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-124

Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-124

"JAZZ UNTUK SEMUA"
Maitrin Caffe, Jl.Kayuputih Raya, Pulomas Jakarta Timur
Jumat, 25 Juli 2014


124 x Sudah Komunitas Jazz Kemayoran mengadakan Pertemuan Bulanan, berarti sudah 10 tahun lebih 4 bulan kjk mengadakan acara Bulanannya, waktu yang cukup panjang, namun karena kecintaan dan konsistensi yang presistance, seperti nya semangatnya tidak lekang oleh waktu, bahkan kjk makin menggelora, dan makin banyak peminat, group jazz yang bergabung didalam kegiatan kjk, baik kegiatan mingguan maupun bulanan.

Oh, ya sejak awal th.2014, kjk mempunyai kegiatan baru, yaitu kamisan, atau kegiatan mingguan setiap Hari Kamis dari jam 19.00-22.00 di Markas KJK Kemayoran. Sering kegiatan ini disebut pengajian Jazz, karena harinya yang Kamis Malam Jumat, memang sering dipakai sebagai hari Pengajian, dan karena setiap kamis ini memang kita meng-Kaji suatu Materi baik Materi yang berhubungan dengan Major, Teori, Sejarah maupun Kehidupan yang muaranya sering dihubungkan juga dengan hubungan antara, Musik,Kemanusiaan, Kehidupan sampai Ketuhanan.

Seru acara diskusi Mingguan ini, sangat berguna materinya untuk bekal para musisi untuk mengarungi kehidupan industri musik tanah air kelak, atau bahkan yang memang sudah menjalaninya. Dan akhir acara mingguan biasanya ditutup dengan Jam Session, namun Jam Session disini menariknya selain memang jam session secara bebas, juga ada sesi latihan ensamble yang di pimpin oleh seorang Anggota yang memang sudah lebih punya pengalaman hidup sebagai musisi, Menarik Bukan ???

Dan untuk acara ke-124 kali ini Rundownnya adalah sebagai berikut:
16.00-17.00 Putar Film Jazz
17.00-17.30 Diskusi Jazz
17.30-17.50 Jam Sesion
18.00-18.30 Buka Bersama
18.30-18.50 Mario & Nado
19.00-19.20 Runier & Friends
19.30-19.50 Waffle & Co
20.00-20.20 Aritmia
20.30-20.50 Yolanda
21.00-21.20 POS (Paguyuban Olah Seni)
21.30-21.50 Hugo

Demikianlah susunan rundown kali ini, dan sejak awal 2014 acara kjk dilangsungkan di Maitrin Coffe, Jl.Kayuputih Raya Pulomas Jaktim, dan karena acara kjk124 ini masih bertepatan dengan bulan Ramadhan acara agak dipercepat menjadi mulai jam 16.00.

Acara pertama dimulai dengan pemutaran film Semi Dokumenter berjudul "Beben Jazz - Sebuah Pengabdian" atas permintaan beberapa anggota, ingin sekali menonton film ini, film documenter tentang pengabdian beben jazz pendiri kjk, yang dibuat oleh siswa IBN, Mega dan kawan kawan yang juga anggota kjk. Menceritakan tentang bagaimana beben jazz memulai mendirikan kjk, serta kegiatan kegiatan kjk, serta visi dan misi kjk. Serta pandangan beberapa sahabat, keluarga mengenai beben jazz dan kjk nya. Cukup Baik kemasan film ini, dan isinya sangat Inspiratif. Kemudian acara dilanjutkan dengan Diskusi serta Jam session sambil menunggu Maghrib, waktu berbuka puasa.

Usai berbuka puasa, Mario dan Nado tampil sebagai pembuka, dengan berduet dan memainkan beberapa lagu standart "Beatiful Love" karya Victor Young diantaranya, serta juga ada satu lagu daerah yang mereka aransemen ulang, menarik penampilan duo gitaris ini, dengan 2 gitar akustik, yang bermain ala Django Reinhardt, seperti Jazz di era2 awal, dan khas ala two beat New Orleans nya.

Sebagai penampil kedua Runier and Friends, band asal kota hujan Bogor. Membuka dengan "Misty" yang diaransemen khas mereka yang bernuansa Soul, Gospel ,Motown, kerennn. Dan ternyata warna ini adalah menjadi ciri khas mereka, semua lagu diaransemen dengan warna mereka tersebut, misalnya saat mereka membawakan satu lagu dari Stevie Wonder "I Just call to say I love you" . Jujur mereka membawa warna tersendiri, dan tampil memukau malam itu, dengan format kwartet plus 2 vokalis.
Group berikut yang tampil adalah Waffle and Co, Joshua cs. Yang bersekolah di SMM Percik, membuka dengan "Billie Bounce", membahagiakan melihat anak anak SMA Bermain Jazz dengan totalitas kesungguhan seperti mereka. Tampil dengan format Sextet Drum,Piano,Gitar,Bass serta 2 alat tiup Saxophone dan Trumpet, "Jadi siapa bilang Jazz buat orang tua ???

Setelah anak SMA Tampil, kini giliran para Dokter yang tampil, Aritmia sebuah group yang anggotanya terdiri dari para Dokter Jantung, mas Dicky cs. Tampil begitu apik membawakan beberapa nomor standart serta satu lagu dari Bimbo "Tuhan" yang di aransemen oleh mereka. Aritmia diambil dari istilah kedokteran yang artinya ritmik detak jantung yang tidak normal, keren nama groupnya keren mainnya, kapan latihannya ya, para Dokter ini ? Jadi tidak ada alasan Profesi akan mengganggu nge Jazz, dan terbukti Jazz untuk Siapa saja.

Penampil berikut adalah Yolanda, anak kjk yang masih duduk di kelas III SMP, yang kebetulan juga siswa dari "beben jazz music course", dan di didik langsung oleh Vokalis Jazz Inna Kamarie. Dan sebagai informasi, beben jazz music course baru berdiri 17 Maret 2014 bertepatan peresmiannya dengan Ultah kjk ke-10 waktu itu. Dan boleh dibilang guru2 dari dari beben jazz music course ini adalah anak anak kjk juga seperti Ricky Firmansyah pengajar Bass, Ipunk (Contra Bass), Hanly, Nair pengajar Drum, Indra, Nic Saxophone, Fabian, Vigor, Ozmond, Jagacita (Aga) piano, Inna Kamarie (vocal),Haris, Nado (Gitar) dan beben jazz (gitar, teori music, sejarah). Jadi beben jazz music course memang didirikan salah satu tujuannya adalah sebagai wadah bagi anak kjk yang memang terpanggil jiwa nya untuk mengajar, dan mendapatkan penghasilan dari mengajar selain bermain. Yolanda tampil ditemani Beben Jazz (gitar), Dhika (drum), Runier (piano) dan Leo (bass), membawakan tiga lagu "Blue Moon", "All of Me" dan Take the A Train", luar biasa penampilan Yolanda semuanya dibawakan secara Swing, dan sangat maju pesat apa yang telah dicapai oleh Yolanda, dan pada lagu Take the A Train Yolanda berani melakukan Scat Singing, sangat berhasil Inna Kamarie mendidik Yolanda yang nota bene, benar benar baru mengenal Jazz di Beben Jazz Music Course dari NOL. Terus berlatih Yolanda … jangan cepat puas.

Penampil berikut adalah POS Singkatan dari Paguyuban Olah Seni, pimpinan mas Adri yang juga datang malam itu. Dan sangat menarik konsep POS "POS memiliki konsep memadukan beberapa unsure seni misalnya seni Suara, Tari dan Teater juga puisi, Ujar Mas Adri" dan malam itu tampil Lanie vokalis dari Lanie and the Bees, yang membacakan sebuah monolog menarik selama 15 menit yang dipersingkat dari yang seharusnya 90 menit, dengan diiringi sebuah gitar akustik, serta di ekspresikan juga oleh sebuah Tarian, Keren dan sangat menarik, malam itu memberikan warna baru bagi acara kjk, dan malam itu juga sebenarnya diantara penampilan Waffle and Co dan Yolanda, disisipkan oleh penampilan Sugeng, anak kjk asal Temanggung yang membacakan puisi dadakannya yang berjudul "Gadis Jazz berkerudung Ungu" yang diiringi oleh Nado dan Mario pada Gitar. Jazz memang flexible di koloborasikan dengan apa saja, Puisi, Tari, music etnik dll. Jazz sangat menantang untuk di kreasikan, hayukkk para Seniman Jazz ditunggu kreasi dan kejutan berikut nya …

Dan sebagai penampil terakhir adalah Hugo, Tidak lain adalah group nya Nelson (Econ) sang drummer dan Barney (Bass) dari anggota Group SOLACE yang juga pernah tampil di kjk sebelumnya, hanya pada group Hugo mereka tampil dengan lebih berwarna Jazz, Blues, Rock Instrumental, dengan ditambah 2 gitaris Hugo dan rekannya. Tampil lebih garang dari biasanya, dan rasanya pas sebagai penutup, dan satu lagu pada "Bento" lagu yang dipopulerkan oleh Iwan Fals, Rika turut bergabung ber jam session.
Tepat pukul 22.30 acara selesai, "apakah acara benar benar selesai ? ternyata belum, Malam itu Inna Kamarie, jam session dengan Fly me to the moon, kemudian Night and Day yang berduet dengan sang suami Beben Jazz, Over the rainbow dan ditutup dengan Route 66 yang di nyanyikan oleh 5 Vokalis yang tampil pada malam itu.

Nah, kali ini benar benar selesai he he he, dan rasanya ini seperti Jazz di bulan Ramadhan yang mengasyikkan, rasa khawatir akan tidak ada yang hadir karena tanggal pelaksanaan sudah mendekati hari lebaran, karena sudah ada beberapa rekan yang pulang kampung tidak terbukti. Pengunjung tetap ramai, Jazz memang Racun yang Dashyat. Kalau sudah terkena racunnya sulit untuk berpaling apalagi meninggalkannya, Namun jadikan keracunan Jazz itu positif dan tetap bermanfaat bagi sesama. Hayuk mari kita terus dapat bermanfaat lewat Jazz.
Akhirnya … sampai berjumpa di pertemuan KJK Ke 125 tgl.15 Agustus 2014 tetap di MAITRIN CAFFE

Salam Jazz,
Beben jazz

Lihat juga Komunitas Jazz Kemayoran: About | Report Kegiatan

Suka halaman ini? Beritahu teman: