Home > Komunitas Jazz Kemayoran > Report > Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-005

Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-005

Pada hari Jumat tgl.13 Agustus lalu Pertemuan Komunitas Jazz Kemayoran telah sukses di laksanakan. Ada beberapa rekan baru kita hadir, seperti Piter yang mengetahui acara ini lewat media internet (horizon-line), dan juga ada 2 Gitaris Klasik Mas Lili dan Edwin yang mengetahui acara ini lewat undangan yang kami sampaikan lewat milis IndoGitar, serta ada juga Rizal dan Fitria yang masih bersekolah di bangku SMU dan tidak ketinggalan Dede rekan kita yang berasal dari Bali akhirnya kesampaian juga dia untuk hadir dalam Pertemuan Komunitas Jazz Kemayoran. Kesemuanya membuat suasana makin beragam sekaligus membuktikan kalau Jazz dapat dinikmati oleh semua kalangan. Dan selebih-nya anggota yang hadir adalah muka2 lama yang memang pernah hadir pada Pertemuan KJK dari yang pertama s/d ke-5 ini.

Sebelum acara dimulai sambil menunggu rekan2 yang lain hadir, kami pasangkan beberapa DVD. DVD pertama yang kami pasang berjudul "Jazz Woodstock Festival", kemudian dilanjutkan dengan DVD kedua yang berupa Kompilasi dari beberapa Bigband terkenal seperti Duke Ellington, Cab Calloway, Ben Webster dan Count Basie. Lumayanlah, paling tidak, sambil menunggu bisa menonton pertunjukkan2 Jazz yang mungkin bisa menambah wawasan mengenai dunia Jazz lebih jauh, meskipun kedua DVD tersebut belum dipasang secara Penuh. Karena Tepat Pukul 19.30 Acara Pertama segera dimulai yaitu : Jam Session. Acara Jam Session kali ini berlangsung lebih lama dari biasanya, karena ternyata jumlah peminat jam-session makin bertambah, Seperti Frankie (Gitar), Iswanto dan Bennedict (Tenor Sax) yang pada pertemuan bulan lalu belum ikut ber-Jam Session, kali ini ikut nimbrung ber-jam session, kemudian juga anggota baru kita Piter (Piano) juga ikut gabung, kemudian Anton (Piano) tidak ketinggalan, yang pada bulan lalu baru berani mengambil bagian comping-nya saja, kali ini Anton sudah mulai berani untuk ber-improvisasi, dan peserta jam session terakhir kita Arman (Piano) yang baru saja pulang dari kantor baru-nya, juga ikut ber-jam session. Wah pokoknya seperti biasa Jam Session belangsung dengan seru. Dan dalam ajang ini lah anggota kita yang sudah lebih dahulu mempelajari Jazz, dan rekan kita yang memang baru mau mencoba main jazz saling bergabung, dan saling mendukung, sambil saling sharing mengenai berbagai hal dalam proses bermain jazz. Kurang lebih Pukul 21.05 Jam Session kita Akhiri dengan membawakan lagu "Au Privave" sambil para anggota yang hadir seluruhnya kita ajak ikut andil ber-Improvisasi dengan ber-Scat Singing, wah seru banget dech …

Acara selanjutnya adalah live performance, dan penampil kita kali ini adalah 2 rekan kita yang bermain Tenor Saxophone yaitu Iswanto dan Bennedict. Dan keduanya juga di iringi oleh Reza (Drum), Ricky (Bass), Robert (Piano), Beben (Gitar). Bennedict sebagai penampil pertama membawakan lagu "Bye-bye blackbird", dan Iswanto sebagai penampil kedua membawakan lagu "All Blues". Sebenarnya kedua lagu tersebut cukup sering dibawakan di dalam Forum KJK ini, tapi sebelumnya Tema lagu tidak pernah dibawakan dengan Instrumen Saxophone. Dan kali ini Tema kedua lagu tersebut di ambil oleh Tenor Saxophone, selain lagunya memang sudah enak, peranan masuk-nya instrumen alat tiup ini ternyata juga bisa membuat dan menciptakan nuansa yang berbeda pada lagu-lagu tersebut, "pokoknya asyik dech, ya nggak Bennedict". Dan sebagai Info acara live performance ini boleh di ikuti oleh siapa saja, dan cukup membawakan 1 lagu juga nggak pa2, yang penting klw ada rekan yang misalnya ingin bermain pada pertemuan berikutnya " Latih dech dari sekarang 1 s/d 3 lagu, untuk nanti bisa ikut main sebagai penampil" pada sesi ini di pertemuan berikut. Hitung-hitung latihan manggung kan … Setelah Iswanto membawakan lagu All Blues, sesi ini kita akhiri.

Sebelum menuju ke acara berikut-nya, yaitu "Diskusi Bebas seputar Jazz", kita beristirahat terlebih dahulu. Dan dalam masa istirahat tersebut, berbagai macam kegiatan dilakukan oleh rekan2 kita, "Ada yang saling Sharing mengenai Drum, ada yang Sharing mengenai Improvisasasi pada Piano, ada juga yang melihat Counter CD koleksi-nya Mas Pramono NG, dan saya sendiri pun terlibat diskusi yang seru dengan Mas Lili dan Edwin, serta Mas Iman yang malam itu menyumbangkan Koleksi-nya untuk dipasang di Pertemuan "Miles Ahead" sebuah film Biography tentang Miles Davis dengan selipan konser2 beliau yang sangat menarik. Terima kasih Mas Iman, karena hal ini sangat berarti sekali bagi kita semua, sebagai tambahan wawasan mengenai dunia Jazz.

Kurang lebih 30 menit setelah acara bebas, dan waktu sudah menunjukkan Pukul 22.00, acara selanjutkan kita mulai yaitu "Diskusi Bebas mengenai Jazz". Acara ini seperti biasa selalu berjalan dengan seru. Dan malam itu diskusi lebih banyak mengacu pada wacana "Sejauh mana suatu musik/lagu bisa dikatakan Jazz", wacana ini cukup seru di diskusikan, sampai kita malam itu bisa mendapatkan suatu kesimpulan bersama, yang boleh dibilang paling nggak malam itu kita lebih punya gambaran mengenai hal tersebut. Kemudian juga banyak pertanyaan yang di lemparkan ke Forum, seperti pertanyaan dari rekan kita Piter, mengenai "Fast Swing, Bebop dan Hardbop", sampai Fusion dan World Music pun tidak ketinggalan dibahas. Tepat Pukul 23.15 Diskusi kita tutup, dan selanjutnya acara bebas kembali digelar. Dalam Acara bebas Pemasangan DVD kembali dilanjutkan, sebagian ada rekan kita yang asyik diskusi dengan rekan yang lain, ada yang diskusi mengenai teknik permainan, diskusi teori, ada yang kembali browsing CD Mas Pram, pokoknya masing2 bebas dech ngobrol dengan topik-nya masing, hingga Pukul 24.00 sebagian rekan2 mulai pamit pulang, dan sebagian lagi termasuk Saya, Anton, Reza, Ricky, Mona, Ria, Robert, Tonee, Frankie, Iswanto dan Alifa melanjutkan obrolan sambil makan Nasi Goreng di Menteng …."ternyata belum puas juga ya ngomongin Jazz he..he.. memang susah kalau sudah ketemu temen yang cocok dan sehobi seperti ini, jadi suka lupa waktu dan lupa diri he..he…., Kurang lebih pukul 1.30 dini hari selesai dech obrolan kita di Menteng, rekan cewek kita Mona dan Ria dari Menteng langsung pulang dech kerumah-nya masing2 demikian juga dengan Tonee dan Reza. Selebihnya balik lagi ke Kemayoran untuk nonton DVD hingga pukul 3 pagi, bahkan 4 orang rekan kita akhirnya nginap dech dirumah saya ….

Demikianlah laporan singkat Pertemuan Komunitas Jazz Kemayoran ke -5, mudah2 an pertemuan ini benar-benar bisa memberikan arti dan penambahan wawasan khususnya mengenai Dunia Jazz dengan segala pernak-pernik-nya.

Dan untuk rekan-rekan yang belum sempat hadir, kedatangannya selalu dinantikan ….

Salam Jazz,
K J K
Beben S.M

Lihat juga Komunitas Jazz Kemayoran: About | Report Kegiatan

Suka halaman ini? Beritahu teman: