Home > Komunitas Jazz Kemayoran > Report > Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-006

Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-006

Tanpa terasa, Pertemuan Komunitas Jazz Kemayoran telah dilaksanakan untuk ke-6 kali-nya pada hari Jumat tgl.24 September 2004 lalu. Dan selalu bermunculan muka-muka baru dalam setiap pertemuannya. Rekan2 baru kita yang kemarin datang Tri, Kanti (Tanah Kusir), Evie (Rawamangun), Kadno, Dian (Bekasi), David (Grogol) serta Ayung dari Bogor.

Seperti Biasa acara dimulai pada Pukul 19.00, didahului dengan Jam Session. Boleh dibilang kali Sesi ini dilangsungkan lebih panjang. Dan kali ini yang ikut ber-Jam Session pada formasi pertama Reza(Drum), Ricky(Bass) yang dua orang ini memang belum ada cadangannya he..he.. sebenarnya ada Dian dan Ayung yang juga bermain Bass, tapi "belum nge-Jazz" katanya. "Bulan depan ikut nge-Jam ya …" Kemudian Beben (Gitar) dan Peter (Piano) nach kalau 2 alat ini cukup banyak nich stock-nya di KJK, dan juga nggak ketinggalan Toot Thielman dari Cijantung Mas Iman Budi Santoso pada Harmonica, serta Bennedict pada Tenor Saxophone. Dari Mulai lagu pertama "Don't get around much anymore", "All the thing you are" dan "Black Orpheus", kemudian saya digantikan oleh Alifa (Gitar), yang membawakan lagu "Cute" dan "My litle Red Shoe" s/d Kadno (Gitar) juga turut ber-jam session membawakan lagu "C-Jam Blues" dan "This Masquarade", pokoknya Jam Session berlangsung seru dan asyik, tapi sayang kemarin itu kita kelupaan ber-Scat Singin satu-persatu dari peserta yang hadir, yang merupakan tradisi penutup dari sesi Jam Session ini di KJK.

Selesai Sesi ini, waktu sudah menunjukkan Pukul 9 malam, langsung dech kita menuju sesi "Diskusi Bebas seputar Jazz", Pertanyaan masih banyak seputar "Sejauh mana musik bisa dikatakan Jazz". Malam itu diskusi mengenai topik tersebut, ada sedikit yang belum tuntas, karena ada hal yang mau tidak mau harus dijelaskan secara teori maupun praktek. Dan akhirnya beberapa rekan kita besok-nya (khusus-nya yang pemain) pada hari Sabtu datang lagi ke markas KJK dirumah saya dari Jam 16.00 s/d 19.30 wah seru dech rekan-rekan kalau dalam diskusi ini.

Selesai acara diskusi Pukul 10 malam, acara dilanjutkan dengan Pemutaran Film "MILES AHEAD" DVD Biography Miles yang dilengkapi dengan cuplikan Konser, dari era Bebop, Cool Jazz s/d Fusion, dalam film tersebut kita bisa melihat saat Miles bermain dengan John Coltrane, Charlie Parker, Gil Evan, Herbie Hancock, Ron Carter, Tony Williams dll. s/d yang saya nggak nyangka ternyata Gitaris Blues Jazz Roben Ford pun ternyata pernah bermain bersama Beliau. Kalau pada saat Mike Stern bermain dengan beliau saya pernah mendengar, tapi dengan Roben Ford saya baru pernah melihat dalam DVD tersebut. (Thanks Mas Iman atas sumbangan DVD-nya).

Selesai pemutaran Film tersebut kurang lebih 60 menit, Jam sudah menunjukkan Pukul 11 malam, selanjutnya acara Diskusi bebas dech. Dan kurang lebih tepat Pukul 12 Malam acara benar2 selesai dan bubar jalan he..he…, kali ini acara nggak dilanjutkan lagi ke Menteng dll, dan malam itu nggak ada yang nginap di Markas. Karena selain keesokan harinya beberapa rekan juga ada keperluan Kantor, Kuliah, Keluarga dll, juga Sabtu-nya akan ada sebagian rekan2 yang akan datang kembali Ke Kemayoran.

Ada beberapa hal yang saya sukai dan membahagiakan, meskipun jumlah yang datang pada hari H-nya masih belum stabil naik turun. Yaitu kehidupan Jazz di sana (Kemayoran/Komunitas), sangat begitu terasa, baik pada Hari H-nya maupun pada hari2 yang bukan pertemuan, baik pertemuan secara langsung masing2 anggota, maupun yang lewat email, maupun telphone/hp, terus hidup dan berjalan. Sehingga diantara rekan2 yang hadir makin saling mengenal, dan boleh dibilang Orang Gila-nya (gila Jazz) yang tadinya hanya berjumlah 4 s/d 6 orang, kini terus bertambah … Dan tentunya hal ini bisa terjadi selama minat musik secara umum dan minat terhadap musik Jazz khususnya terus terjaga dan dalam hal ini Partisipasi dari rekan2 juga sangat berpengaruh sekali. Komunitas ini bisa menjadi besar dan kecil atw hilang sama sekali andil serta kehadiran rekan2 juga sangat berperan dalam hal ini, selain tentunya konsistensi dari pihak penyelenggara.

Sebagai tambahan info, selain pertemuan yang kita lakukan 1 bulan sekali. Kita juga sudah mengadakan pertemuan mingguan setiap hari Kamis dan Sabtu (sekarang di pusatkan pada hari Sabtu), yaitu Pertemuan yang lebih di fokuskan untuk membahas teori dasar musik dan bermain Jazz. Dan dalam pertemuan tersebut saat ini terbagi dalam 2 kelompok, Kelompok 1 yang sudah belajar s/d Modes (Dorian), dan Kelompok 2 yang baru 1 x pertemuan yang baru mempelajari Major Scale, dan Sabtu depan-nya (Sabtu ini), akan mempelajari Interval dan Four basic Triad. Jadi selain Pertemuan Bulanan, pertemuan mingguan ini juga berlangsung dengan seru, dan sudah dilangsungkan sebanyak 8 x pertemuan. Selain itu pada tgl. 17 September 2004 lalu, KJK juga diundang dalam acara Ultah-nya Radio One, mewakili sebuah Komunitas, dan melakukan wawancara singkat dengan Radio One, mengenai Komunitas Jazz Kemayoran.
Sebagai tambahan info lagi, sejak diadakannya kumpul2 dalam Komunitas Jazz Kemayoran ini, KJK telah menghasilkan 2 Swing Band, yaitu Sforzato yang terdiri dari (Reza(dr), Alifa (g), Ricky (b) dan Robert (p), dan Beben Quintet (Beben (g), Peter (p), Ricky (b), Bennedict (sax) dan Hendra (d) serta 2 vokalis cewek Niken dan Ocha yang juga turut menemani kita saat mendapatkan gig di Mercantile dan acara "Jazz in a Day" di Gedung 28 Kemang di waktu lalu.

Sekian laporan dari Kami, Insya Allah rekan2 yang belum sempat hadir dalam acara kami dapat hadir di pertemuan berikut, dan tentunya rekan2 yang pernah hadir juga terus bisa turut hadir dalam pertemuan2 yang berikutnya. Kehadiran kalian selalu ditunggu … tanpa kalian acara ini rasanya ada yang kurang, seperti masakan kurang garam rasanya … lo kok jadi ngomong makanan lagi …

Salam,
Beben S.M
(Komunitas Jazz Kemayoran)

Lihat juga Komunitas Jazz Kemayoran: About | Report Kegiatan

Suka halaman ini? Beritahu teman: