Home > Komunitas Jazz Kemayoran > Report > Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-007

Report Komunitas Jazz Kemayoran Ke-007

Ada satu hal yang menggembirakan dalam hidup ini, yaitu saat kita bisa berkumpul dengan orang-orang yang sama punya minat dan hoby yang sama. Sharing, diskusi membicarakan segala sesuatu nya tentang hobi kita dari A s/d Z, dan kadang hal ini juga suka membuat kita lupa waktu, karena biasa-nya memang kalau orang2 yang sehobi seperti ini kalau sudah ngumpul, pembicaraan akan berjalan seru sehingga sang waktu juga tidak terasa berjalan demikian cepat. Tapi hal tersebut kadang dibutuhkan selain menambah keakraban, keeratan persahabatan juga biasanya setelah usai diskusi tersebut belangsung ada hal2 baru, pengetahuan2 baru yang akan kita dapatkan.

Pada Hari Sabtu tgl.23 September 2004 lalu, di bulan Ramadhan yang penuh Rahmat ini, 21 orang yang memiliki minat dan hobi yang sama berkumpul dalam acara Pertemuan Komunitas Jazz Kemayoran ke-7, dan dengan acara khusus pula yaitu berbuka puasa bersama.

Acara kali ini lebih difokuskan kepada Diskusi dengan tema "Swing to Bebop" dan nonton pemutaran DVD Bareng dengan tema film yang sama pula dengan tema Diskusi, yaitu Film "Benny Goodman Adventure - King of Swing" dan Film "Atttribute Charlie Parker". Tepat jam 16.00 Diskusi sudah dimulai dengan seru, membahas perjalanan Jazz dari era Swing ke Bebop, dan segala sesuatu yang berkenaan dengan itu. Kemudian di bahas pula beberapa tokoh seperti : Roy Eldridge - Trumpet, Dizzy Gillespie, Charlie Christian - Gitar, Art Tatum - Piano, Jimmy Blanton - Bass, Lester Young - Saxophone yang turut memberi pengaruh, style hingga akhirnya lahir musik Bob tersebut, karena sebenarnya perubahan yg cukup revolusioner dari Swing to Bebop tersebut tidak terjadi serta mendadak seperti itu, tapi tokoh2 tsb secara akumulasi sebenarnya secara perlahan memberikan sumbangan style, gaya dan hal2 lain hingga lahir musik Bob tersebut. Dan tak lupa juga rekan yang hadir hari itu diberikan bekal 3 lembar fotocopy-an yang berisi: Jazz Style, Bebop Characteristic dan Harmoni Classic to Jazz.

Diskusi berakhir kurang lebih pukul 17.15, kemudian acara dilanjutkan dengan pemutaran Film DVD Benny Goodaman Adventure, sambil menunggu waktu berbuka. Tepat Pukul 17.48 Waktu berbuka telah tiba, dan pemutaran film kita break terlebih dahulu, kita berbuka bersama menikmati Kolak yang telah disediakan, kemudian dilanjutkan dengan Sholat Maghrib Berjamaah (bagi yang muslim). Usai Sholat kita makan nasi uduk bareng dech, sambil nonton Benny Goodman kembali hingga selesai. Setelah selesai film pertama, kita lanjutkan dengan pemutaran film Attribute Charlie Parker, yg berisi interview, live show dari tokoh2 Jazz yg pernah main dengan beliau seperti Dizzie Gilespie, Max Roach dll. Selain itu juga ada tokoh2 lain seperti Stan Getz, Phil Wood yang membawakan lagu2 dari Parker. Selama pemutaran film terlihat dari beberapa rekan2 terlibat diskusi2 kecil, dan sebagian lagi menyimak dengan serius. Tepat Pukul 20.00 Pemutaran Film Selesai, sebenarnya film mengenai Parker tsb terdiri dari 2 disc, hanya karena keterbatasan waktu, terpaksa pemutaran sementara di hentikan.

Acara selanjutnya adalah Potret2 bareng, kebetulan hari itu ada 2 rekan kita dari Tabloid Musik baru "e-music" Kalsa dan Revi yang berkenan meliput jalan-nya acara, sambil potret sana sini, lumayan dech hitung2 buat tambahan dokumentasi. Usai Potret2, Diskusi bebas seputar Jazz masih berlangsung …"katanya keterbatasan waktu he..he.." ternyata diskusi masih seru tuch. Susah memang kalau sudah ngumpul sama orang2 gila ini he..he
Dan akhirnya, Tepat Pukul 22.05, kali ini benar2 selesai nich, acara terpaksa dibubarkan dech he..he.. kalau nggak bisa-bisa sampe sahur dech ngobrolnya nggak habis2 he..he….
Demikian lah review singkat dari acara Buka bersama Komunitas Jazz Kemayoran, secara pribadi saya bahagia banget, kita bisa berkumpul kembali dan acara bisa berjalan dengan lancar, serta sesuai dengan yang diharapkan, mudah2 an perasaan ini juga hinggap dan dirasakan oleh rekan2 yang lain.

Salam Jazz,
Beben S.M
Komunitas Jazz Kemayoran.

Lihat juga Komunitas Jazz Kemayoran: About | Report Kegiatan

Suka halaman ini? Beritahu teman: